Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Boran, Tarian Tradisional Dari Lamongan Provinsi Jawa Timur


Tari Boran, Tarian Tradisional Dari Lamongan Provinsi Jawa Timur

Tari Boran adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Tarian inimenggambarkan kehidupan dari para penjual nasi boran yang menjajakan dagangannya serta berinteraksi dengan pembeli. Tari Boran ini selain kaya akan nilai seni dan budaya, tetapi juga banyak terdapat nilai filosofis didalamnya. Tarian ini merupakan tarian tradisional yang sangat terkenal di Lamongan dan juga menjadi salah satu tarian khas disana.
Tari Boran ini terinspirasi dari para penjual nasi boran, yakni makanan tradisional khas dari Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Pada zaman dahulu para penjual nasi boran ini dalam menjajakan dagangannya dengan cara menggunakan Wakul atau sebuah wadah nasi yang terbuat dari bambu yang ditaruh pada atas kepala mereka untuk membawanya. Dalam menjajakannya nasi boran mereka berjalan kaki dan menawarkan dagangannya ke setiap orang yang dijumpainya. Dibawah panasnya terik matahari dan juga kerasnya kehidupan mereka berjuang dalam mencari rejeki. Dari perjuangan mereka itulah yang menginspirasi dari para seniman di Lamongan untuk menciptakan sebuah tarian yang bernama Tari Boran ini.

Keindahan dari Tari Boran ini terletak digerakannya yang indah serta tersusun rapi. Dalam pertunjukannya, tarian ini dilakukan secara berkelompok sehingga formasi dan juga kekompakan sangat penting disini. Gerakan dari Tari Boran ini cenderung gerakan yang sederhana dan juga penuh makna. Setiap gerakan dalam tarian ini menggambarkan aktivitas dari para penjual nasi boran pada zaman dahulu, mulai dari menyiapkan makanan hingga menjualkannya kepada pelanggan.

Pertunjukan Tari Boran

Pertunjukan Tari Boran
Pertunjukan Tari Boran

Dalam pertunjukannya, para penari menari dengan lincah dan kompak. Ritme gerakan ditarian ini kadang lambat dan kadang juga menjadi cepat sesuai dengan alur jalan cerita yang ditampilkan agar pesan dan maknanya dapat tersampaikan dengan mudah kepada para penonton. Selain itu gerakannya juga disesuikan dengan musik pengiringnya agar terlihat selaras. Music pengiring dalam Tari Boran ini adalah musik gamelan yang khas dari Provinsi Jawa Timur.

Kostum Tari Boran

Kostum yang digunakan dalam Tari Boran ini biasanya menggunakan busana tradisional yang berupa baju kemben lengan panjang. Pada bagian bawah penari menggunakan celana sepanjang bawah dengkul, dengan memakai warna yang sama seperti kebaya dan juga memakai kain batik khas Lamongan dipinggang untuk menutupi celana. Selain itu dibagian kepala menggunakan kain penutup kepala (kupluk). Tidak lupa tempat nasi (wakul) yang digunakan sebagai properti untuk menarinya.

Perkembangan Tari Boran

Dalam perkembangannya, Tari Boran ini menjadi salah satu tarian khas dan juga kebanggaan dari kota Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Berbagai prestasi yang telah diraih diberbagai event budaya, tarian ini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Tari Boran ini masih terus dilestarikan serta dijaga keberadaannya, terbukti dengan sering ditampilkan diberbagai acara seperti pada acara daerah dan festival budaya.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment