Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

4 Senjata Tradisional Sumatera Selatan Terlengkap

Senjata Tradisional Sumatera Selatan

Empat Senjata Tradisional Asal Sumsel - Masyarakat asli Sumatera Selatan dianggap sebagai golongan para pemberani. Dalam menjaga harkat dan martabat diri, mereka tak segan melakukan perkelahian. Tak heran bila dalam budayanya kita bisa menemukan beberapa senjata tradisional sebagai alat untuk menjaga diri. Senjata-senjata tradisional Sumatera Selatan sendiri sebetulnya ada banyak ragamnya, hanya saja yang dianggap memiliki keunikan khas daerah jumlahnya tidak banyak. Apa saja?
Senjata Tradisional Sumatera Selatan

1. Senjata Tradisional Tombak Trisula

Senjata tradisional Sumatera selatan tombak trisula yang dianggap paling kuat memiliki unsur sejarah dan mitologinya dibandingkan dengan senjata tradisional Sumatera Selatan lainnya. Sebagaimana keris, tombak trisula yang terdapat di berbagai daerah di nusantara ternyata juga merupakan salah satu senjata tradisional Sumatera Selatan.Senjata ini memiliki mata tiga dan lebih sering muncul di berbagai kisah Romawi dan Yunani. Meskipun diklaim sebagai senjata tradisional Sumsel, namun belum diketahui sejak kapan masyarakat Sumsel menggunakan tombak trisula.

Namun beberapa sejarawan meyakini bahwa perkembangan penggunaan tombak trisula beriringan dengan perkembangan ajaran Hindu di Sumatera Selatan pada masa kerajaan Sriwijaya. Hal ini dikarenakan senjata trisula merupakan senjata pegangan Dewa Siwa, salah satu dewa dari dewa trimurti yang disembah oleh masyarakat Hindu.Keunikan trisula Palembang dengan trisula lainnya yakni terdapat pada kedua sisinya. Di bagian mata tombak memiliki tiga ujung lancip dan sisi lainnya tumpul. Karena itu, tombak trisula ini sangat tajam. Banyak penemuan tombak trisula yang kemudian disimpan di Museum Balaputradewa.

Kini, tombak trisula ini sering kali menjadi ikon budaya provinsi Sumatra Selatan. Tombak ini memiliki panjang sekitar 180 cm yang dulu sering digunakan oleh prajurit kerajaan Sriwijaya sebagai senjata utama. Senjata ini ditelusuri dari segi arkeologi dan para ahli menyebutkan jika senjata ini mulai dikenal sejak Hindu Siwa masuk ke Nusantara ratusan tahun yang lalu.Kerajaan Sriwijaya dulunya menguasai jalur perdagangan di Asia Tenggara, karena itu menjadi mungkin jika berbagai budaya dan tradisi bertemu dengan tradisi asli. Atau sering kali disebut dengan proses akulturasi budaya antara masyarakat asli dengan masyarakat pendatang yang merupakan para pedagang Hindu. Mereka berdagang sambil mengajarkan agama mereka.Kita juga mengetahui bahwa tombak trisula ini dalam mitologis Hindu merupakan senjata Dewa Siwa. Tombak ini dianggap sebagai simbol keberanian dan kebijaksanaan. Sementara di Palembang, senjata ini juga disebut dengan Serampang.

Baca Juga:

5 Senjata Tradisional Sumatera Barat Lengkap Beserta Gambarnya



2. Senjata Tradisional Keris

Keris bukan hanya dikenal masyarakat Pulau Jawa. Beberapa daerah sub etnis Melayu lainnya juga mengenal senjata jenis tikam ini dalam budayanya, termasuk masyarakat daerah Sumatera Selatan.
Kendati memiliki bentuk yang sama, namun keris Sumatera Selatan memiliki ciri khasnya sendiri. Jumlah luk atau lekukannya selalu berjumlah ganjil antara 7 sampai 13 luk dengan sudut yang lebar. Itulah mengapa keris khas Sumatera Selatan cenderung lebih panjang dan lancip.
Di masa silam, keris digunakan para pembesar, bangsawan, dan punggawa kerajaan Sriwijaya sebagai sarana perlindungan diri. Namun, di masa kini ia lebih digunakan sebagai aksesoris pakaian adat Sumatera Selatan bagi para pengantin pria.
Senjata Tradisional Sumatera Selatan - Keris

3. Senjata Tradisional Skin

Skin adalah senjata tradisional Sumatera Selatan yang diperkirakan berasal dari akulturasi budaya lokal dengan budaya pedagang Tionghoa dan Asia Timur di masa silam. Senjata ini tampak seperti Kerambit khas Sumatera Barat, namun ukurannya lebih kecil dan memiliki 2 bilah tajam.
Skin adalah pisau tajam melengkung yang terbuat dari baja berkualitas. Pegangannya terbuat dari kayu yang dibaut atau direkatkan pada bilah yang tidak tajam. Sementara di ujung pegangan terdapat lubang yang digunakan untuk memudahkan penggunaan senjata ini dengan jari.
Skin termasuk senjata yang digunakan dalam jarak dekat. Biasanya seseorang menggunakan senjata ini hanya dalam keadaan terdesak. Berikut adalah kenampakan dari senjata khas Palembang ini.
Senjata Tradisional Sumatera Selatan - Skin

 

4. Senjata Tradisional Khudok

Bergeser ke arah hulu, tepatnya dalam masyarakat Pagaralam, terdapat satu varian lain dari senjata tradisional Sumsel. Senjata tajam tersebut bernama kudhok. Kudhok adalah sebilah pisau kecil yang bentuknya menyerupai badik khas daerah Lampung. Bilahnya ditempa dari bahan logam berkualitas, sementara gagang dan sarungnya dibuat dari kayu jati, kayu nangka, atau kayu ghumai. Kudhok kerap dibawa para pria Besemah di masa lampau kemana pun untuk menjaga diri. Kebiasaan membawa kudhok bagi para bujang hingga kini masih tetap ada, khususnya di masyarakat Pagaralam hulu.
Kudhok sendiri mempunyai beragam jenis, namun yang paling banyak digemari adalah kudhok dari jenis betelok, luncu, gerahang dan kudhok rambai ayam yang bentuknya menyerupai jalu ayam.
Tahap membakar dan menempa merupakan tahap yang paling lama dalam proses pembuatan kudhok. Tahap ini akan memakan waktu lebih lama lagi jika si pembeli memesan bentuk kudhok sesuai dengan keinginannya. Bahkan seorang pandai besi yang membuat kudhok pesanan kadang melakukan pendekatan tertentu kepada pemesan untuk menghasilkan senjata kudhok yang sesuai dengan kepribadian pemesan. Kini, kudhok biasa dijual di wilayah Pagaralam sebagai cinderamata bagi turis.
Senjata Tradisional Sumatera Selatan - Khudok

Nah, itulah 4 senjata tradisional Sumatera Selatan beserta gambar dan penjelasannya. Menarik bukan? Sayang sekali jika perkakas-perkakas unik ini sampai punah karena tergerus zaman. Tugas kita sebagai kaum muda-lah untuk melestarikan dan memperkenalkannya pada generasi selanjutnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

4 Senjata Tradisional Sulawesi Selatan ( Badik ) Terlengkap


 Searches related to Senjata Tradisional Sumatera Selatan
  • pakaian tradisional sumatera selatan
  • tombak trisula sumatera selatan
  • gambar senjata tradisional dari daerah sumatera utara
  • nama senjata tradisional palembang
  • senjata tradisional sumatera selatan dan keterangannya
  • nama rumah adat di sumatera selatan
  • tarian tradisional sumatera selatan
  • pakaian adat sumatera selatan
  • rumah adat sumatera selatan
  • senjata tradisional sumatera barat
  • alat musik tradisional sumatera selatan
  • senjata tradisional riau
  • senjata tradisional lampung
  • makanan khas sumatera selatan

Post a Comment