Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Membuat Resep Bolu Marmer Lembut Panggang dan Kukus

Kumpulan Resep Makanan - Resep bolu marmer memang enak, lembut dan moist teksturnya. Pada umumnya memang kita hanya menikmati kelezatan rasanya saat ada acara spesial atau buat sajian di arisan dan acara lainnya. Sejak dari kecil memang kita sering mencicipin bolu marmer panggang ataupun kue bolu marmer kukus. Jarang dari kita yang membuat marmer cake ini sendiri di rumah. Padahal cara membuat bolu marmer ini sebenarnya cukup mudah dengan bahan-bahan yang tidak terlalu banyak juga lho. Nah salah satu resep kue bolu marmer ini yang cukup terkenal adalah Marmer Pound Cake NCC dari Fatmah Bahalwan. Beliau memang terkenal akan keahliannya membuat berbagai macam resep cake yang enak, lembut dan anti bantat. Cocok sekali buat pemula atau yang tidak biasa membuat resep bolu klasik ini di rumah.
Kalau bicara mengenai resep bolu marmer ini memang tidak bisa terlepas dari resep kue bolu jadul. Resep marmer cake klasik ini memang tercipta dari resep bolu tempo dulu yang sudah ada sejak jaman nenek kita. Dari kecil kita mungkin sudah sering memakan kue bolu panggang ataupun kue bolu kukus. Nah resep bolu marmer ini sebenarnya bahannya hampir sama. Cuma ada sedikit tambahan adonan coklat yang membentuk tekstur dan corak seperti marmer di dalam dan diatas kue marker panggang, resep marmer kukus dan bakar. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat ketiga cara membuat bolu marmer panggang, dan cara membuat bolu marmer kukus dibawah ini.

1. Resep Bolu Marmer Panggang Lembut dan Moist

Resep Bolu Marmer Panggang Empuk
Bicara mengenai resep bolu marmer panggang yang lembut, sedikit berminya dan moist di tengahnya memang sangat menggoda. Cara membuat bolu marmer supaya mepunyai rasa dan tekstur yang lembut dan moist memang tidak mudah. Walaupun begitu bukan berarti ini tidak dibuat bukan. salah satu resep yang cukup mudah dan sederhana adalah resep Marmer Pound Cake NCC atau butter cake dari pembuat kue terkenal yaitu ibu Fatmah Bahalwan. Untuk membuat kue marmer cake yang lembut, tips adalah margarin dan gula yang digunakan harus dikocok terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bahan lainnya.
loading...
Bahan-bahan Untuk Membuat Bolu Marmer Panggang Enak dan Lembut
  1. Bahan utamanya berupa tepung terigu serba guna kurang lebih sebanyak 150 gram saja.
  2. Baking powder kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  3. Telur ayam 1 butir diambil bagian kuningnya saja.
  4. Telur ayam ukuran sedang kurang lebih sebanyak 3 pcs saja (diambil bagian putih dan kuningnya).
  5. Mentega kualitas bagus kurang lebih sebanyak 150 gram saja.
  6. Gula pasir putih atau kuning yang bersih sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 100 gram. Bisa ditambahkan kalau suka kue bolu yang manis.
  7. Vanila halus atau bubuk kalau suka kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja. Bisa dihilangkan kalau tidak suka.
  8. Coklat bubuk kualitas bagus untuk tekstur marmer nya kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.

Cara Membuat Bolu Marmer Panggang Lembut Anti Bantat

  1. Langkah pertama yaitu ambil wadah dan masukkan tepung terigu dan baking powdernya. Aduk kedua bahan tadi sampai rata kemudian ayak dan saring menggunakan saringan sampai halus kemudian sisihkan.
  2. Setelah itu ambil wadah buat adonan kemudian masukkan menteganya dan mixer sampai lembut menteganya.
  3. Ambil gula pasirnya kemudian masukkan sedikit demi sedikit kedalam wadah mentega yang sudah lembut diatas sambil terus dimexer sampai semua bahan berubah warna pucat dan mengembang dan lembut.
  4. Tuang vanili bubuknya sambil di mixer sebentar supaya tercampur rata.
  5. Ambil telur ayam dan masukkan satu demi satu kedalam wadah adonan resep bolu marmer cake nya sambil terus dimixer sampai rata.
  6. Tuang campuran tepung dan baking powdernya kedalam wadah adonan diatas dan mixer dengan kecepatan kecil saja sampai rata lalu aduk supaya benar-benar rata.
  7. Ambil adonan diatas untuk dicampur dengan bubuk coklatnya secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  8. Ambil loyang yang akan digunakan (ukuran kurang lebih 22 cm x 10 cm) dan olesi dahulu dengan sedikit mentega dan taburi atasnya dengan sedikit tepung terigu kesemua bagian loyang.
  9. Masukkan adonan cake marmer dasarnya kedalam loyang lalu sedikit goyang biar rata.
  10. Tuang adonan bolu marmer coklatnya diatasnya dan aduk acak dengan lidi atau sumpit untuk membuat motif marmer coklatnya sesuai selera. Bisa juga adonan putih dituang setengahnya baru adonan coklat dan terakhir ditutupi adonan putihnya. Sesuai selera saja.
  11. Siapkan oven untuk memanggang marmer cakenya dengan suhu kurang lebih 180 derajat dan masak sampai mengembang dan matang. Tergantung ovennya, tetapi kira-kira butuh waktu sekitar 40 menit saja.

2. Resep Bolu Marmer Kukus Moist dan Sedikit Berminyak

Resep Bolu Marmer Kukus Empuk
Resep Bolu Marmer Kukus Empuk Spesial
Buat teman-teman yang tidak punya oven tetapi ingin membuat resep bolu marmer bisa dikukus saja. Resep bolu marmer kukus ini rasanya sangat lembut dan empuk. Karena itu bolu cake kukus ini pas sekali untuk teman minum teh atau buat kue cemilan sehari-hari. Selain enak, cara membuat bolu marmer kukus ini juga sangat mudah dan gampang diikuti kok. Cek resep dan bahan bolu marmer anti gagal ini dibawah ya.
Bahan Resep Bolu Marmer Kukus Lembut dan Empuk
  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah cake emulsifer kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja. Bisa menggunakan merek sesuka hati, seperti ovalet, SPM dan lainnya.
  2. Telur ayam ukuran sedang kurang lebih sebanyak 4 butir saja.
  3. Vanili bubuk secukupnya atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  4. Gula pasir bersih kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
  5. Tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanyak 80 gram saja. Ayak tepung sampai halus sebelum digunakan.
  6. Tepung maizena kurang lebih sebanyak 10 gram saja.
  7. Susu bubuk full cream merek terserah anda kurang lebih sebanyak 10 gram juga.
  8. Margarin yang sudah dicairkan kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  9. Coklat bubuk atau bisa juga menggunakan pasta coklat untuk marmer teksturnya secukupnya (aku pakai coklat bubuk 1 sendok makan).

Cara Membuat Marmer Cake Kukus Mudah dan Anti Bantat

  1. Langkah pertama olesi loyang yang akan digunakan untuk membuat bolu marmer kukusnya dengan sedikit mentega dan taburi tepung tipis diatasnya dan sisihkan.
  2. Ambil wadah buat adonan dan masukkan telur ayam, vanili, emulsifer dan gula pasirnya kemudian kocok dan mixer sampai mengental.
  3. Setelah itu tuang tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuknya secara bergantian kedalam wadah adonan tadi dan aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Masukkan margarin cairnya dan aduk-aduk kembali dengan spatula sampai benar-benar rata.
  5. Pisahkan kurang lebih 3 sendok adonan diatas dan campur dengan pasta coklat ata coklat bubuknya dan aduk sampai rata. Sisihkan.
  6. Masukkan adonan dasar resep bolu marmernya kedalam loyang sampai rata.
  7. Setelah itu tuang adonan bolu marmer coklatnya kedalam loyang dan buat motif marmer dengan lidi atau sumpit. Bisa juga setengah adonan dasar lalu aodnan coklat dan adonan dasar lagi. Terserah selera saja mau seperti apa motifnya.
  8. Masukkan loyang kedalam dandang kukusan dan beri alas kain di tutupnya supaya airnya tidak masuk kedalam loyang.
  9. Masak sampai matang atau kurang lebih sekitar 30 menit sampai 45 menit tergantung api dan airnya.

Post a Comment