Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Sarden Ikan Rumahan

Kumpulan Resep Makanan - Kalau memang teman teman tidak bisa menemukan ikan sarden di pasar, resep sarden ikan yang akan kita buat nanti juga bisa menggunakan jenis ikan segar lainnya, seperti ikan salem, ikan mackerel atau ikan tongkol. Jenis jenis ikan yang tadi disebutkan cocok sekali karena teksturnya dagingnya cukup empuk tetapi tidak lembek sehingga pas sekali dikombinasikan dengan bumbu ikan sarden spesial yang akan kita buat nanti. Kalau memang ikan segar tidak ada, ikan tongkol yang sudah dipindang sebenarnya juga bisa digunakan untuk membuat hidangan ikan sarden buat sarapan, makan siang atau menu makan malam bersama dengan keluarga di rumah.

Karena kita akan membuat resep sarden ikan yang mirip sekali dengan sarde ikan kalengan, makanya ikan segar yang kita pakai nanti sebaiknya dipresto terlebih dahulu supaya mempunyai tekstur yang lunak sampai ke tulang ikannya. Tetapi kalau teman teman tidak suka terlalu empuk tekstur dagingnya, proses pemasakan prestonya bisa dikurangi waktunya atau bisa juga digoreng biasa terlebih dahulu tanpa dipresto sampai setengah matang saja ya. Sebelum digoreng jangan lupa dicuci bersih dengan air mengalir dan lumuri dagingnya dengan campuran air jeruk dan sedikit garam dapur beryodium. Kemudian diamkan sebentar di lemari pendingin supaya meresap dan bilas lagi dengan air mengalir supaya bersih. Untuk yang sudah tidak sabar, silahkan melihat bahan dan bumbu ikan sarden beserta tips cara membuatnya di bawah ini ya.

Bahan dan Bumbu Sardem Ikan Enak, Empuk dan Lezat

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah ikan segar kurang lebih sebanyak 500 gram saja. Bisa menggunakan ikan tongkol, ikan mackerel, ikal salem atau pindang.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 pcs saja. Kupas kulitnya lalu iris iris tipis dan digoreng sebentar.
  3. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja. Kupas kulitnya lalu iris irsi tipis dan digoreng juga.
  4. Buah cabai merah besar secukupnya sesuai selera. Cuci bersih sebelum digunakan dan buang biji dalamnya. Bisa ditambahkan atau dikurang sesuai selera.
  5. Buah tomat segar yang sudah matang yang berukuran cukup besar kurang lebih sebanyak 2-4 pcs untuk membuat sausnya.
  6. Saus tomat kualitas bagus sebagai bahan tambahan kurang lebih sebanyak 5 sendok makan saja.
  7. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 siung. Kupas kulitnya lalu memarkan sebelum dimasak.
  8. Margarin kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  9. Air bersih matang secukupnya ataukurang lebih sebanyak 250ml sampai 450 ml saja.
  10. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera.
  11. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  12. Minyak goreng secukupnya.
  13. Air jeruk nipis secukupnya untuk melumuri ikannya dan mengurangi bau amis khas ikan.

Cara Masak Ikan Sarden Yang Mudah, cepat dan Praktis

1. Langkah pertama cuci bersih ikan yang akan digunakan dengan air mengalir, buang kepala dan ekornya. Kalau perlu potong menjadi beberapa bagian kalau ikannya besar.
2. Tuang dan lumuri ikan yang sudah dicuci dengan air jeruk nipis sampai merata di semua permukaan ikan lalu diamkan sebentar di lemari pendingin setelah itu bilas kembali dengan air mengalir dan tiriskan sebentar supaya airnya hilang.
3. Siapkan paci presto dan masukkan ikan yang sudah ditiriskan beserta irisan bawang putih goreng dan irisan bawang merah goreng. Aduk aduk sebentar supaya merata tidak perlu dihidupkan terlebih dahlu prestonya).
4. Siapkan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya.
5. Masukkan bawang putih yang sudah digeprek dan aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum khas tumisannya.
6. Masukkan irisan buah cabai beserta buah tomatnya kemudian aduk aduk dan masak kembali sampai setengah matang saja.
7. Tuang air bersih yang sudha dipersiapkan beserta gula pasir dan garam dapur breyodium secukupnya kemudian aduk aduk sebentar dan masak sampai semua bahan matang.
8. Setelah matang cicipi dahulu dan tambahkan garam dapur dan gula kalau diperlukan lalu masukkan saus tomat dan aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
9. Siapkan blender dan masukkan semua bahan yang sudah dimasak diatas dan blender sampai semua bahan halus berbentuk seperti saus kental.
10. Setelah halus, masukkan hasil blenderan diatas kedalam panci prestonya bersama margarin kemudian aduk aduk sebentar dan masak dan presto sampai matang dan lunak (kurang lebih selama 20-40 menit).
11. Setelah selesai, diamkan dahulu sampai uap panasnya habis kemudian tuang di piring hidangan dan siap untuk menu makanan buat keluarga.

Post a Comment