Thursday, 10 May 2018

Resep Memasak Soto Sulung Khas Jawa Timur

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Tekstur, aroma dan citarasa resep soto sulung khas Jawa Timur ini memang enak dan lezat sekali. Tetapi tidak semua orang bisa menikmati orang bisa menikmati soto ini sesuka hatinya lho. Seperti juga soto madura, soto sulung ini juga kaya sekali akan lemak dan kolesterol. Untuk itu buat saudara, suami atau orang tua yang menderita darah tinggi, kolesterol tinggi, ataupun penyakit dalam lainnya sebaiknya berkosultasi dahulu ya dengan dokter keluarga. Jangan sampai saat enak enaknya menikmati hidangan semangkuk soto ini tetapi penyakitnya kumat. Oke sekarang kita menuju bahan bahan apa saja yang diperlukan dan cara membuat Resep Soto Jeroan Sapi ini.

Bahan bahan Resep Soto Sulung yang harus dipersiapkan

  1. Bahan bahan untuk membuat masakan ini terdiri dari dua bagian, yaitu bahan utama dan bahan bumbu yang perlu di haluskan.
  2. Bahan bumbunya yaitu 9 pcs bawang merah lokal ukuran sedang, 6 pcs bawang putih (sebaiknya menggunakan bawah putih lokal untuk meperkuat cita rasa dan aromanya), 2 sendok kecil merica butir, 2 sendok kecil garam dapur, 5 pcs kemiri dan kurang lebih 3 cm kunyit.
  3. Jeroan sapi sebanyak 350 gram (bisa memakai hati sapi, paru sapi, babat atau bagian jeroan lainnya).
  4. 400 Gram Daging Sapi atau bisa juga memakai tetelan daging sapi.
  5. 5 lembar daun jeruk.
  6. 2 batang serai secukupnya. Kupas dan memarkan.
  7. 3 lembar daun salam.
  8. Garam secukupnya.
  9. Jahe di kupas dan dimemarkan kurang lebih 2 cm.
  10. Telur ayam rebus sebanyak 5 butir. Dipotong menyamping untuk tambahan saat penyajian.
  11. Jeruk Nipis sebanyak 5 pcs. Di iris kecil kecil untuk hiasan akhir.
  12. Bawang goreng secukupnya utnuk hiasan akhir.
  13. Daun bawang 50 gram. Dicuci bersih dan diiris keci kecil untuk hiasan.
  14. Daun seledri yang segar kurang lebih 100 gram untuk hiasan.

Cara Membuat Soto Sulung Khas Surabaya

  1. Ambil satu wadah untuk merebus jeroan sapinya. Tambahkan air, daun salam dan jahe yang sudah di gepuk (dipukul hingga gepeng) secukupnya hingga Jeroan lunak. Potong kecil kecil Jeroan Sapi. Buang airnya dan taruh jeroan di tempat lain.
  2. Masukkan air dan 400 gram daging sapi atau tetelan di atas. Rebus sampai daging lunak dan potong kecil kecil (ukuran sesuai selera). Jnagan buang air rebusan karena akan di buat kaldu kuahnya nanti.
  3. Sambil menunggu daging empuk, tumis semua bahan bumbu yang sudah disiapkan di bahan no 2 ditambah dengan daun serai, jahe dan daun jeruk sampai tercium bau harum.
  4. Masukkan air kaldu dari rebusan daging sapi ke dalam bumbu yang di tumis diatas. Tambah sedikit air.
  5. Masukkan bahan utama daging sapi dan jeroan sapi ke dalam kuah Soto Sulungnya. Tambahkan garam secukupnya sesuai selera. Rebus sampai bumbu kuah meresap ke dalam jeroan dan daging sapinya.

Artikel Terkait