Wednesday, 13 June 2018

Alasan Pentingnya Marga Bagi Orang Batak

loading...

Batak adalah suku di Indonesia yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara. Sampai saat ini orang Batak selalu menjunjung tinggi akan marganya. Setiap ada 2 orang Batak bertemu, pastinya akan menanyakan apa marganya. Kira-kira, kenapa ada apa ya dengan marga hingga dianggap sangat penting bagi orang batak?

1. Marga menandakan silsilah keturunannya

Bagi orang suku Batak, marga dapat menunjukkan asal dan silsilah keturunan mereka berasal. Bagi suku Batak, marga sangatlah penting dikarenakan silsilah merupakan identitas bagi orang Batak di dalam pergaulan.

2. Marga sebagai bukti penerus keturunan

Hampir sama halnya dengan adat diberbagai daerah, anak lelaki suku Batak lebih diutamakan sebab ia akan meneruskan marga keluarganya. Namun hal ini bukan berarti cewek tidak penting lho ya. Justru cewek didalam suku batak sangat dihormati dikarenakan perannya sebagai boru, jadi perempuan dalam suku batak wajib dihargai.

3. Dengan mengenal marganya, orang Batak mejadi akrab

Melalui marga, orang Batak bisa dengan sangat mudah menemukan saudara dalam keturunannya. Dalam hal ini umumnya disebut dengan "ito", dan mereka biasanya akan langsung akrab sekali jika bertemu.

4. Inilah yang menjadi alasan mengapa orang Batak gemar merantau

Merantau merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang Batak. Mereka tidak akan pernah takut jika kemanapun pergi. Kenapa? sebab jika ditempat baru, mereka juga akan menemukan marga yang sama dengan mereka dan mereka juga akan ditolong oleh orang tersebut, sekalipun mereka baru kenal.

5. Dengan mengenal marganya, orang Batak bisa menentukan jodoh

Kata orang, jodoh itu akan selalu dikait-kaitkan dengan pilihan hati. Namun hal tersebut berbeda dengan orang suku Batak, sebab jodoh juga akan ditentukan berdasarkan dari marga. Bila ia masih satu marga dengan seseorang yang disayang dan dicintainya, maka ia tidak diperbolehkan unruk menjalin hubungan dengan orang tersebut.

6. Marga yang sama tidak berarti satu nama

Bila kamu bertemu dengan orang suku Batak dengan marga "Simanjuntak", bukan berarti ia hanya akan semarga dengan "Simanjuntak" saja. Bisa jadi, terdapat 3 marga yang sekeluarga dengannya. Begitu pula dengan marga-marga lainnya.

7. Marga juga dapat mendekatkan hati dengan orang yang baru kenal

Dalam adat suku batak, terdapat istilah pariban. Misalnya seperti ini, seorang wanita mempunyai boru Sitanggang dan terdapat seorang cowok yang ibunya boru Sitanggang. Hal tersebutlah yang disebut dengan pariban. Bila seseorang bertemu dengan pariban, maka mereka disebut dengan jodoh di dalam adat suku Batak.

8. Marga juga sangat berkaitan dengan kepentingan biologis

Nenek moyang orang suku Batak mengatakan jika keturunan yang sama, sekali pun tidak dalam satu rahim, juga bisa mengakibatkan suatu hal yang buruk bila berpasangan. Dalam hal biologis, artinya dapat menimbulkan kecacatan diketurunan selanjutnya.

9. Marga merupakan identitas pribadi untuk orang Batak

Bagi orang Batak, silsilah marga yang berfungsi sebagai identitas pribadi juga tetap harus dijunjung tinggi. Tanpa identitas seperti ini, maka hidup mereka akan sia-sia.

Itulah alasannya mengapa marga dalam adat suku Batak sangat penting. Nah bila kamu mempunyai teman suku Batak, jangan lupa menanyakan apa marga mereka ya.



Mungkin Yang Kamu Cari:

Artikel Terkait