Saturday, 23 June 2018

Jenis Alat Musik Sunda Lengkap Gambar dan Penjelasannya

loading...


Cintaindonesia.web.id - Provinsi Jawa Barat atau yang dikenal dengan tanah sunda ini tidak hanya dikenal karena kulinernya yang sangat enak dan juga nikmat. Alat musiknya pun tidak kalah hebat dengan daerah lainnya. Nah berbicara alat musik tradisional sunda, pada artikel ini kita akan membahas apa saja alat musik dari tanah sunda. Berikut ini 15 alat musik tradisional sunda.

D

1. Tarawangsa

Tarawangsa
Tarawangsa

Menurut beberapa para ahli, keberadaan alat musik Tarawangsa telah ada sejak abad ke-18, hal tersebut diketahui dari penyebutan alat musik tradisional ini di dalam naskah kuno. Cara memainkan Tarawangsa yaitu dengan cara digesek memakai senar yang menempel di busur. Bentuk badan Tarawangsa sendiri mempunyai kesamaan dengan rebana tetapi mempunyai perbedaan di dalam cara memainkan, bila pada rebana dimainkan dengan cara di pukul, maka pada Tarawangsa dimainkan dengan cara di gesek. Alat musik tradisional satu ini banyak berkembang di daerah Rancakalong Sumedang, Kanekes, Banjaran, Cipatujuh Tasikmalaya, dan Cibalong Tasikmalaya.

2. Karinding

Karinding
Karinding

Karinding merupakan alat musik yang terbuat dari pelepah pohon aren, tetapi dibeberapa daerah sunda lainnya, alat musik karinding ini dibuat dari bahan dasar bambu. Karinding sendiri banyak berkembang di daerah Malangbong, Pasir Mukti, Citaming dan Cikalong kulon. Cara memainkan Karinding ini yaitu dengan mendekatkan badan karinding tepat ke bagian mulut para pemain dengan satu jari dan tangan yang lainnya memukul mukul tubuh karinding sampai mengeluarkan suara.

3. Jentreng

Jentreng
Jentreng

Jentreng merupakan alat musk tanah sunda yang dimainkan dengan cara memetik dawai dibadan Jentreng. Jentreng mempunyai kesamaan bentuk dengan alat musik Kecapi, tetapi Jentreng hanya memiliki 7 buah dawai. Pada dasarnya Jentreng ini dibuat dari bahan dasar kayu nangka, kayu kembang, atau kayu Kenanga. Jentreng banyak ditemui dibeberapa acara pagelaran pertunjukan seni musik tradisional khas sunda.

4. Angklung

Angklung
Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional khas sunda yang telah dikenal luas oleh masyarakat. Pada umumnya Angklung ini terbuat dari bahan dasar bambu dan bisa dimainkan dengan cara menggoyang-goyangkan badan Angklung sampai menghasilkan bunyi nada. Angklung ini sendiri saat ini tidak lagi berfungsi sebagai alat musik dan juga hiburan semata, tetapi telah menjadi identitas kebudayaan untuk masyarakat sunda dan bahkan Indonesia.

5. Kecapi

Kecapi
Kecapi

Kecapi merupakan alat musik tradisional dari tanah sunda yang dimainkan dengan cara dipetik. Kecapi adalah alat musik tradisional utama didalam tembang-tembang sunda, hal tersebut karena suara kecapi ini mempunyai suara khas dan dianggap sangat identik dengan tanah sunda. Kecapi kerap dimainkan di dalam acara pagelaran kebudayaan rakyat yang digelar oleh masyarakat sunda.

6. Calung

Calung
Calung

Calung merupakan alat musik tradisional sunda yang terbuat dari bahan dasar bambu. Cara memainkan alat musik calung ini yaitu dengan cara memukul badan calung dengan menggunakan bilah kayu. Umumnya calung terbuat dari bahan dasar bambu Tamiang dengan ruas panjang.

7. Arumba

Arumba
Arumba

Arumba merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan bambu. Alat musik ini adalah alat musik tradisional yang dapat menghasilkan nada diatonis. Nama "Arumba" sendiri merupakan singkatan dari kata "Alunan Rumpun Bambu". Meskipun awalnya alat musik ini menghasilkan nada pentatonis tetapi saat ini Arumba menghasilkan nada diatonis. Arumba kerap dipakai di dalam pagelaran pertunjukan musik tradisional yang banyak diadakan oleh masyarakat sunda dan acara-acara tradisional lainnya.

8. Celempung

Celempung
Celempung

Celempung merupakan alat musik tradisional sunda yang terbuat dari bahan dasar kulit bagian luar bambu. Celempung umumnya dimainkan dengan cara dipukul. Dibutuhkan beberapa teknik tertentu untuk bisa memainkan alat musik Celempung serta dibutuhkan keahlian khusus untuk bisa menghasilkan suara Celempung yang bermacam-macam.

9. Suling Sunda

Suling Sunda
Suling Sunda

Suling sunda merupakan alat musik tradisional sunda yang sangat mudah ditemui. Alat musik tradisional ini umumnya terbuat dari bambu Tamiang dengan ruas panjang dan terdiri dari 4 sampai 6 buah lubang yang bisa menghasilkan nada. Cara memainkannya yaitu dengan cara meniup badan suling kemudian para pemain menutup beberapa lubang nada sehingga akan menghasilkan suara alunan yang di inginkan. Suling juga bisa ditemui di daerah lain, tetapi suling dari tanah sunda mempunyai suara yang sangat khas.

10. Rebab

Rebab
Rebab

Rebab merupakan alat musik tradisional yang dapat menghasilkan suara bergetar dengan nadanya yaitu pentatonis. Cara memainkan rebab yaitu dengan cara menggesekkan dawai dibadan Rebab dengan menggunakan busur yang mempunyai senar. Saat senar dibusur dan dawai dibadan rebab bergesekan akan menimbulkan bunyi dengan nada-nada tertentu.

11. Kulanter

Kulanter
Kulanter

Kulanter merupakan alat musik tradisional dari tanah sunda yang mempunyai fungsi sebagai pelengkap dan juga pengiring alat musik tradisional lainnya yaitu kendang, Kulanter umumnya dimainkan secara bersamaan dengan kendang. Bentuk pada alat musik ini jauh lebih kecil dibandingkan dari kendang.

12. Jengglong

Jengglong
Jengglong

Jengglong merupakan alat musik yang mempunyai bentuk yang hampir serupa dengan alat musik gong, tetapi menghasilkan suara yang berbeda dengan tingkat suaranya yang lebih ringan dari pada alat musik gong. Umumnya Jengglong mempunyai 5 buah bundaran yang digantungkan disebuah kayu. Cara memainkan Jengglong ini sendiri yaitu dengan cara memukul badan Jengglong dengan bantuan alat pemukul.

13. Saron

Saron
Saron

Saron merupakan alat musik tradisional yang bentuknya seperti rak yang diisi dengan beberapa bilah-bilah lempeng yang terbuat dari bahan dasar logam perunggu. Alat musik ini dimainkan dengan cara memukul pada bagian bilah-bilah logam perunggu tadi dengan memakai alat pemukul yang terbuat dari kayu dengan bantalan yang terbuat dari ikatan tali. Umumnya bilah pada alat musik Saron ini berjumlah 7 atau 14 bilah. Saron biasanya dimainkan secara bersamaan dengan alat musik diprangkat gamelan lainnya. Sarong kerap kali dipakai di dalam pagelaran acara rakyat.

14. Degung

Degung
Degung

Degung merupakan sekumpulan dari gamelan sunda yang mempunyai suara sangat khas.

15. Bonang

Bonang
Bonang

Bonang mempunyai kesamaan bentuk dengan alat musik gong, tetapi mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil. Bonang dimemainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan bantuan dari alat pemukul. Umumnya bonang terbuat dari logam perunggu atau besi, tetapi kebanyakan para pemain Bonang menilai jika Bonang yang terbuat dari bahan dasar perunggu mempunyai kualitas suara yang jauh lebih baik dari alat musik Bonang yang terbuat dari bahan dasar besi.



Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait