Friday, 22 June 2018

Alat Musik Keroncong Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

loading...


Cintaindonesia.web.id - Musik Keroncong masuk ke tanah jawa sejak abad ke-16, datang bersama orang-orang asing. Kesenian keroncong lahir dari keinginan orang-orang asing untuk memainkan kesenian musik gamelan, pada saat itu Gamelan menjadi sajian musik yang banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan, sehingga orang-orang barat pun kemudian mencoba memainkan lagu-lagu Gamelan memakai alat musik yang mereka miliki, seperti halnya biola dan juga celo, dari sinilah percampuran budaya dalam bidang musik terjadi.

Perlahan-lahan seiring dengan waktu, aliran musik keroncong ini pun lahir dan kemudian dikenal luas. Alat-alat musik keroncong juga bermunculan serta mengisi ruang kosong di dalam sajian kesenian musik keroncong. Alat Musik Keroncong yang sangat mudah dikenali yaitu ukulele, tetapi ternyata ada begitu banyak sekali alat musik lainnya yang bisa dimainkan didalam sebuah sajian kesenian musik keroncong. Nah apa sajakah alat musik pada kesenian musik keroncong? berikut ini penjelasannya.


1. Alat Musik Ukulele 3 Dawai

Alat Musik Ukulele 3 Dawai
Alat Musik Ukulele 3 Dawai

Ukulele yang memakai dawai dari 3 buah nilon ini mempunyai 3 nada, yaitu G,B, dan E. Cara memainkan alat musik ukulele yaitu dengan cara memetik senar atau dawainya. Ukulele 3 dawai menjadi ciri khas didalam kesenian musik keroncong dan akan selalu dipakai dalam setiap pertunjukan.

2. Alat Musik Ukulele 4 Dawai

Alat Musik Ukulele 4 Dawai
Alat Musik Ukulele 4 Dawai

Ukulele 4 dawai mempunyai 4 buah nada, yakni A,Fis,D, dan B. Bahan senar atau dawai yang dipakai biasanya terbuat dari baja. Cara memainkan alat musik Ukulele 4 dawai ini tidak berbeda jauh dengan alat musik ukulele pada umumnya, yakni dengan cara dipetik. Hampir di setiap pertunjukan kesenian musik keroncong memakai ukulele, baik itu ukulele 3 dawai ataupun 4 dawai,

3. Alat Musik Gitar

Alat Musik Gitar
Alat Musik Gitar

Gitar merupakan alat musik petik modern yang juga dipakai dalam pertunjukan kesenian musik keroncong. Cara memainkan alat musik gitar ini yaitu dengan cara dipetik, tetapi di dalam sajian musik keroncong, alat musik gitar dimainkan dengan gaya Kontrapuntis atau anti melodi.

4. Alat Musik Biola

Alat Musik Biola
Alat Musik Biola

Biola merupakan alat musik gesek modern ini juga dipakai dalam kesenian musik keroncong guna memperkaya suara di dalam penyajian sebuah lagu. Biola mempunyai 4 buah dawai yang masing-masingnya mempunyai nada G,D,A,dan E. Cara memainkan alat musik biola yaitu dengan digesek memakai busur gesek.

5. Alat Musik Flute

Alat Musik Flute
Alat Musik Flute

Flute merupakan alat musik yang mempunyai karakter suara halus dan juga lembut, karena alasan itulah maka alat musik Flute sering dipakai dalam sajian musik keroncong. Flute pada umumnya terbuat dari bahan dasar logam dan dimainkan dengan cara ditiup.

6. Alat Musik Suling

Alat Musik Suling
Alat Musik Suling

Suling merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara meniup pada bagian lubang yang berada diujung suling dan juga para pemainnya memainkan jari-jemari membuka serta menutup lubang nada guna mendapatkan hasil nada yang diinginkan. Di dalam sajian musik keroncong, alat musik suling tidak hanya dipakai dalam keroncong dangdut atau Keroncongdut, keroncong campur sari, ataupun jenis keroncong lainnya, alat musik suling ini dipakai sesuai dengan kebutuhan lagu yang akan dimainkan.

7. Alat Musik Kontrabas

Alat Musik Kontrabas
Alat Musik Kontrabas

Kontabas merupakan alat musik yang dimainkan dengan memakai busur, atau juga bisa dimainkan dengan cara dipetik dawainya memakai jari. Nada yang dihasilkan pada alat musik kontrabas yaitu nada-nada Bas rendah. Kontrabas umumnya juga dikenal dengan sebutan Bass Betot, sebab cara memainkannya yang memakai teknik betot (menarik atau memetik dawai dengan sangat keras)

8. Alat Musik Celo

Alat Musik Celo
Alat Musik Celo

Celo merupakan alat musik yang berasal dari negara Italia dan dimainkan juga di dalam sajian musik keroncong. Alat musik Celo yang dimainkan dengan cara di gesek ini dapat menghasilkan suara yang sangat lembut. Celo kerap dimainkan di dalam sajian musik keroncong klasik.

9. Alat Musik Sitar

Alat Musik Sitar
Alat Musik Sitar

Sitar merupakan alat musik yang mempunyai 11 buah dawai yang menempel dibagian tubuhnya. Sitar dimainkan guna memperkaya sajian musik keroncong. Alat musik sitar ini dimainkan memakai ibu jari dengan cara dipetik. Suara yang dihasilkan pada Sitar juga lembut dan halus.

10. Alat Musik Rebab

Alat Musik Rebab
Alat Musik Rebab

Rebab merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara gesek dan dapat dimainkan di dalam musik keroncong, kemunculan alat musik Rebab umumnya dipakai untuk memperkuat citarasa dari campursari di dalam sajian keroncong campursari.

11. Alat Musik Kendhang

Alat Musik Kendhang
Alat Musik Kendhang

Kendhang merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditabuh memakai telapak tangan. Ketukan atau tetabuhan pada alat musik kendhang di dalam sajian musik keroncong umumnya bertempo lambat dan juga sesuai dengan kebutuhan lagu. Suara pada alat musik kendhang akan begitu sangat terasa saat keroncong disajikan bersamaan dengan musik dangdut di dalam bentuk keroncongdut.

12. Alat Musik Saron

Alat Musik Saron
Alat Musik Saron

Saron merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditabuh. Kebanyakan para pemain Saron akan menabuh dengan tangan kanan sedangkan pada tangan kirinya akan menyentuh bilah saron yang telah dipukul. Hal tersebut umumnya dilakukan untuk menghilangkan bunyi atau suara dengung yang tersisa pada nada yang dipukul. Sarong dipakai jika lagu yang dimainkan dalam sajian kesenian keroncong berjenis campursari.

13. Alat Musik Kenong

Alat Musik Kenong
Alat Musik Kenong

Kenong merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul memakai kayu pemukul. Kenong umumnya didipakai dalam sajian musik kesenian keroncong campursari, perpaduan antara keroncong dengan campursari. Alat musik yang terbuat dari bahan dasar logam ini akan menghasilkan suara "Tung" dan kerap difungsikan sebagai media pengatur ketukan atau tempo lagu.

14. Alat Musik Timpani

Alat Musik Timpani
Alat Musik Timpani

Timpani merupakan alat musik yang pada umumnya dimainkan dengan cara dipukul memakai stik pemukul. Alat musik Timpani tidak selalu muncul di dalam setiap pertunjukan kesenian musik keroncong. Timpani hanya dipakai untuk musik-musik keroncong klasik. Timpani mempunyai kemiripan bentuk dengan alat musik Drum, tetapi mempunyai ukuran yang jauh lebih besar dari pada alat musik Drum.

15. Alat Musik Gambang

Alat Musik Gambang
Alat Musik Gambang

Gambang merupakan alat musik tabuh yang terdiri dari beberapa gong-gong kecil yang diletakkan secara mengantung didalam sebuah bingkai. Alat musik Gambang kerap dimainkan di dalam kesenian keroncong campursari guna memperkaya sajian suara musik. Bentuk alat musik Gambang mirip dengan alat musik Gong tetapi mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil. Cara memainkan alat musik Gambang tidak jauh berbeda dengan cara memainkan alat musik Gong, yaitu dengan cara ditabuh memakai tongkat penabuh.



Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait