Thursday, 21 June 2018

Alat Musik Gamelan Jawa Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

loading...

Cintaindonesia.web.id - Gamelan merupakan instrumen musik atau alat musik yang dimainkan didalam sebuah ensembel musik. Kesalahan umum yang diperlu diluruskan yaitu jika Gamelan bukanlah merupakan alat musik, melainkan hanya sajian musik. Sajian musik Gamelan ini biasanya terdiri dari beberapa alat musik yang dimainkan secara padu dan menghasilkan suara tetabuhan yang sangat merdu.

Irama musik yang dimainkan pada Gamelan ini biasanya bertempo lambat, dan juga lembut. Nama Gamelan pada kesenian ini sendiri berasal dari 2 kata, yaitu "Gamel" dan "An", gamel artinya menabuh, dan An merupakan kata benda, dengan demikian maka Gamelan mempunyai arti yaitu aktifitas menabuh.

Pada zaman dahulu, Gamelan ini hanya terdiri dari sebuah alat musik Gong besar. Tetapi seiring dengan perkembangannya, maka terjadi penambahan beberapa gong-gong kecil yang berbeda satu sama lain baik itu dari segi bentuk, ukuran, maupun dari segi tinggi rendahnya suara yang dihasilkan. Gong-gong berukuran kecil tersebut kelak dikenal sebutan seperti Demung, Bonang, dan lain sebagainya. Saat ini ada lebih dari 10 (sepuluh) buah alat musik yang dimainkan didalam sebuah sajian kesenian musik gamelan. Keberadaan dari Gamelan ini sendiri dipercaya sudah sangat lama ada di wilayah Indonesia, bahkan gambaran pada alat musik gamelan ini ada pada relief Candi Borobudur. Nah apa sajakah alat musik gamelan tersebut? berikut ini 15 alat musik tradisional yang dimainkan dalam sajian gamelan.


1. Alat Musik Gender

Alat Musik Gender
Alat Musik Gender

Gender merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan dasar logam dan mempunyai 10 sampai 14 bilah logam kuningan yang akan menghasilkan nada berbeda-beda. Alat musik Gender ini dimainkan dengan cara memukul bilah-bilah tersebut memakai tongkat pukul.

2. Alat Musik Gong

Alat Musik Gong
Alat Musik Gong

Gong merupakan alat musik tradisional dengan ukuran terbesar di dalam sebuah sajian gamelan. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Gong pada umumnya terbuat dari bahan dasar logam kuningan. Gong biasanya diposisikan tergantung disebuah penahan. Dimainkan di awal Gendhing (lagu) atau di akhir Gendhing (lagu).

3. Alat Musik Suling Bambu

Alat Musik Suling Bambu
Alat Musik Suling Bambu

Alat musik suling yang dimainkan di dalam Gamelan terbuat dari bahan dasar bambu dan akan menghasilkan suara atau bunyi yang sangat khas. Cara memainkan Suling ini yaitu dengan cara ditiup. Ketika si pemain meniup suling, maka jari-jemarinya akan membuka dan juga menutup lubang nada supaya dapat menghasilkan nada yang diinginkan.

4. Alat Musik Ketuk

Alat Musik Ketuk
Alat Musik Ketuk

Ketuk merupakan alat musik tradisional yang berfungsi untuk menjaga keajegan irama yang dimainkan didalam sebuah sajian Gendhing. Alat musik ketuk ini dimainkan dengan cara dipukul memakai tongkat pukul berbalutkan karet atau kain pada ujungnya.

5. Alat Musik Kempyang

Alat Musik Kempyang
Alat Musik Kempyang

Kempyang merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditabuh. Dalam sajian sebuah Gendhing atau lagu kempyang umumnya dimainkan secara sahut menyahut dengan Ketuk, sehingga akan suara yang dihasilkan oleh kedua alat musik ini akan terdengar seperti "Tuk..Bluk..Tuk..Bluk".

6. Alat Musik Bonang

Alat Musik Bonang
Alat Musik Bonang

Bonang merupakan alat musik tradisional yang mempunyai bentuk mirip seperti kue bolu dalam sebuah rak. Di dalam sebuah Rak umumnya ada 14 buah pot yang terbuat dari bahan dasar perunggu. Cara memainkan Bonang ini yaitu dengan cara memukul pada bagian pot dengan memakai dua palu tabuh berbalut kain atau karet pada bagian ujungnya. Bonang umumnya dimainkan sebagai penguat melodi dasar disebuah sajian Gendhing atau lagu.

7. Alat Musik Kempul

Alat Musik Kempul
Alat Musik Kempul

Kempul merupakan sekumpulan gong kecil yang jumlahnya ada 8 sampai 10 buah dengan masing-masing gong-nya dapat menghasilkan suara atau nada berbeda-beda dari gong satu dengan gong lainnya. Alat musik kempul ini umumnya dimainkan dengan cara dipukul.

8. Alat Musik Kenong

Alat Musik Kenong
Alat Musik Kenong

Kenong merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan dasar logam kuningan, besi, ataupun tembaga. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul memakai tongkat pemukul. Suara yang dihasilkan oleh alat musik Kenong terdengar seperti "Tung" tebal. Kenong juga bisa dimainkan sebagai pengatur tempo dari lagu atau gendhing yang dimainkan.

9. Alat Musik Rebab

Alat Musik Rebab
Alat Musik Rebab

Rebab merupakan alat musik tradisional yang biasanya dimainkan untuk mengiringi Sinden saat sedang bernyanyi. Cara memainkan alat musik rebab yaitu dengan cara menggesek dawainya memakai alat gesek yang mirip sekali dengan busur panah.

10. Alat Musik Siter

Alat Musik Siter
Alat Musik Siter

Siter merupakan alat musik tradisional yang dapat menghasilkan suara khas dari 11 (sebelas) dawainya, dengan masing-masing dawai mempunyai nada dasar yang berbeda-bead. Ukuran sebuah siter pada umumnya mempunyai panjang 30 centimeter. Dawai siter dimainkan memakai Ibu jari, sedangkan pada jari lainnya menahan getaran dawai saat dawai lainnya dimainkan. Siter pada umumnya dimainkan dalam tempo yang sangat cepat.

11. Alat Musik Kendhang

Alat Musik Kendhang
Alat Musik Kendhang

Kendhang mempunyai fungsi utama sebagai pengatur tempo dari lagu atau gendhing yang dimainkan. Cara memainkan alat musik Kendhang yaitu dengan cara ditabuh, bagian yang ditabuh yaitu permukaan kulit yang umumnya terbuat dari bahan dasar kulit kerbau, sapi, kambing, ataupun rusa. Sejumlah para pengrajin Kendhang membuat standar dalam pemakain kulit kerbau untuk membuat Kendhang yang terbaik, mereka mempercayai bahwa kulit pada binatang kerbau lebih awet dibandingkan dengan kulit binatang lainnya.

12. Alat Musik Demung

Alat Musik Demung
Alat Musik Demung

Demung mempunyai peran sebagai kerangka dari lagu atau gendhing didalam sebuah Gamelan. Demung pada umumnya dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini biasanya terbuat dari bahan dasar logam kuningan.

13. Alat Musik Saron

Alat Musik Saron
Alat Musik Saron

Sarong merupakan alat musik tradisional yang menghasilkan suara 1 oktaf diatas alat musik Demung. Saron pada umumnya dimainkan dengan cara dipukul. Cara memukul Saron yang benar yaitu dengan memakai tangan kanan untuk menabuh nada, serta tangan kirinya menyentuh nada yang ditabuh sebelumnya, hal tersebut dilakukan guna menghapus sisa-sisa suara dengungan.

14. Alat Musik Slenthem

Alat Musik Slenthem
Alat Musik Slenthem

Slenthem merupakan alat musik tradisional yang mempunyai bentuk mirip dengan Demung, tetapi suara yang dihasilkannya 1 oktaf dibawah Demung. Secara fisik, bila dibandingkan dengan Demung, ketebalan dari Slenthem ini lebih tipis. Slenthem biasanya dimainkan dengan cara dipukul memakai alat pukul yang pada bagian ujungnya telah dibalut kain. Suara yang dihasilkan Slenthem pun sangatlah lembut dan halus.

15. Alat Musik Gambang

Alat Musik Gambang
Alat Musik Gambang

Gambang mempunyai 18 buah bilah yang pada umumnya terbuat dari bahan dasar kayu. Bilah-bilah tersebut diletakkan dibagian rak resonantor nada yang biasanya berbentuk menyerupai sebuah perahu. Gambang dimainkan memakai 2 buah tongkat pemukul. Nada yang dihasilkan pada alat musik Gambang ini terbilang luas, yaitu mencakup nada minor dan juga nada mayor.


Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait