Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Ikan Arsik Makanan Tradisional dari Sumatera Utara

Cintaindonesia.web.id - Ikan Arsik adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari daerah Sumatera Utara. Makanan satu ini terbuat dari bahan dasar ikan masyang dimasak dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan berbeda dengan masakan berbahan ikan lainnya. 

Ikan Arsik merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Sumatera Utara, khususnya di daerah Toba Samosir dan Tapanuli Utara.

Asal Usul Ikan Arsik

Ikan Arsik merupakan salah satu makan tradisional yang berasal dari masyarakat Batak Toba di daerah Toba Samosir dan Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Konon makanan ini sudah ada sejak dahulu kala dan diwariskan oleh nenek moyang mereka secara turun-temurun. Dalam tradisi masyarakat Batak, makanan ini tidak hanya sekedar makanan biasa, namun juga memiliki nilai-nilai dan filosofi tersendiri di dalamnya.

Ikan Arsik biasanya disajikan untuk upacara adat tertentu. Dalam penyajian secara adat, ada tata cara khusus untuk menyajikan makanan satu ini, sehingga tidak boleh dilakukan sembarangan agar tidak menghilangkan nilai kesakralan di dalamnya. Walaupun begitu, bukan berarti makanan satu ini tidak boleh dikonsumsi untuk sehari-hari. Ikan Arsik ini juga bisa kita nikmati kapan saja tanpa harus menunggu upacara adat dilaksanakan. Namun tentu saja essensi di dalamnya tentu akan berbeda.

Keistimewaan dan Keunikan Ikan Arsik

Salah satu keunikan dari masakan Ikan Arsik ini adalah dari bahan dasar yang digunakannya yaitu ikan mas. Ikan mas yang digunakan, biasanya tanpa dibuang sisiknya, namun hanya dibersihkan bagian perutnya saja. Selain itu dalam masakan Ikan Arsik ini biasanya juga terdapat beberapa bumbu yang hanya terdapat di daerah pegunungan Sumatera Utara saja, yaitu Andaliman dan Asam Cikala. Hal inilah yang tentu membuat cita rasa Ikan Arsik ini semakin terasa khas dan istimewa.

Pengolahan Ikan Arsik

Bahan dasar yang biasa digunakan dalam masakan Ikan Arsik pada umumnya adalah ikan mas. Namun ada juga beberapa jenis ikan yang bisa dijadikan alternative dalam membuat Ikan Arsik ini, diantaranya seperti ikan tongkol, ikan kembung, dan ikan kakap. Untuk mempersiapkannya, ikan tersebut dibersihkan dulu sebelum dimasak. Cara membersihkannya pun cukup unik, tidak seperti masakan ikan lainnya. Ikan Arsik biasanya hanya dibelah dan dibersihkan bagian perutnya saja, sedangkan pada bagian sisiknya tidak perlu dihilangkan.

Untuk menghilangkan bau amis pada ikan biasanya menggunakan jeruk nipis dan asam cikala. Penggunaan asam cikala ini selain untuk menghilangkan bau amis, juga bisa menciptakan aroma sedap pada ikan sehingga  dapat menambah cita rasa dari masakan Ikan Arsik.

Sedangkan untuk bumbu yang digunakan untuk memasak diantaranya adalah cabai, bawang merah, bawang putih, bunga kecombrang, dan aneka bahan rempah seperti  kemiri, lengkuas, kunyit dan lain-lain. Tidak lupa juga menggunakan andaliman, yaitu sejenis bumbu rempah seperti merica yang banyak terdapat di beberapa daerah di Sumatera Utara. Andaliman ini selain memberikan rasa pedas, juga menciptakan cita rasa yang khas pada makanan satu ini.

Pada proses pengolahannya, setelah ikan sudah dibersihkan kemudian ikan tersebut dilumuri dengan bumbu yang sudah dihaluskan hingga rata. Lalu dimasak dengan dikasih air dan beberapa bumbu penyedap secukupnya. Selain itu biasanya juga ditambahkan beberapa bahan pelengkap seperti daun singkong, kacang panjang dan lain-lain. Ikan Arsik ini biasanya dimasak dengan api sedang agar bumbu bisa meresap, kemudian ditunggu hingga airnya habis. Setelah airnya habis kemudian masakan Ikan Arsik siap untuk disajikan.

Cita Rasa Ikan Arsik

Masakan Ikan Arsik ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dengan masakan ikan pada umumnya. Bagaimana tidak, seperti yang dijelaskan sebelumnya, masakan satu ini dimasak dengan bumbu dan aneka rempah yang komplit sehingga menghasilkan rasa yang maksimal. Selain itu penggunaan andaliman dan asam cikala pada masakan ini tentu akan memberikan cita rasa dan aroma yang sangat khas. Tidak hanya sampai di situ, tekstur ikan yang utuh dan masih bersisik pada masakan ikan satu ini tentu akan memberikan pengalaman yang menarik saat kita menyantapnya.

Kuliner Ikan Arsik

Sebagai salah satu makanan tradisional, masakan Ikan Arsik ini juga cukup populer di daerah Sumatera Utara hingga sekarang, terutama di daerah Toba Samosir dan Tapanuli Utara. Karena rasanya yang khas dan nikmat makanan satu ini kemudian juga dijual di beberapa warung makan di pinggir jalan maupun warung-warung di kawasan wisata. Untuk masalah harga dan rasa biasanya relatif, sehingga kita  harus banyak-banyak mencari rekomendasi yang pas untuk menikmati makanan khas satu ini.

Nah, bagi anda sedang berkunjung atau berwisata ke daerah Sumatera Utara, tentu kurang lengkap rasanya bila belum merasakan masakan Ikan Arsik ini. Jadi jangan sampai ketinggalan ya!

Sekian pengenalan tentang “Ikan Arsik Makanan Tradisional dari Sumatera Utara”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang makanan tradisional di Indonesia.



Patut Kamu Baca:

1 comment

  1. Artikel yang lengkap, Jadi pengen buat di rumah hehe. Yuk kunjungi website kampus kami https://walisongo.ac.id/