Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tradisi Kenduri Laut Di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

Cintaindonesia.web.id - Tradisi satu ini merupakan tradisi sedekah laut atau kenduri laut yang khas dari Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.
Apakah Tradisi Kenduri Laut itu?

Tradisi Kenduri Laut adalah salah satu tradisi tahunan yang sering dilakukan masyarakat pesisir di Pulau Sumatera, salah satunya di daerah Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Tradisi ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat atas hasil laut yang mereka dapatkan. Selain sabagai upacara adat, Tradisi Kenduri Laut ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang datang kesana. Karena selain dilakukan acara ritual yang bersifat sakral, tradisi ini kemudian juga dimeriahkan dengan berbagai acara seperti perlombaan, pertunjukan dan acara hiburan lainnya.

Asal Usul Tradisi Kenduri Laut

Tradisi Kenduri Laut ini merupakan salah satu tradisi warisan budaya masyarakat pesisir di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Tradisi sejenis juga banyak dilakukan oleh masyarakat pesisir pantai sumatera lainnya, namun masyarakat Tapanuli Tengah memiliki caranya sendiri untuk melaksanakan kenduri laut ini.

Dilihat dari letak geografisnya, Tapanuli Tengah sendiri merupakan salah satu daerah yang terletak di pesisir pantai barat Sumatera Utara. Sehingga sebagian besar masyarakat disana menggantungkan hidupnya dari hasil laut, sehingga banyak juga yang berprofesi sebagai nelayan. Sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil laut tersebut, kemudian diadakan upacara kenduri laut ini.

Fungsi Dan Makna Tradisi Kenduri Laut

Pada dasarnya Tradisi Kenduri Laut ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat atas hasil laut yang mereka dapatkan. Selain itu tradisi juga sebagai pengharapan agar selalu diberikan hasil yang melimpah untuk ke depannya dan diberikan keselamatan bagi para nelayan. Bagi masyarakat di sana, tradisi sedekah laut ini juga dimaknai sebagai hubungan antara manusia dan alam, dimana alam selalu memberikan kehidupan kepada manusia. Sehingga untuk membalas kebaikan alam tersebut, manusia wajib untuk menjaga dan melestarikannya, agar bisa selalu memberikan kehidupan, baik kepada mereka maupun anak dan cucu mereka.

Pelaksanaan Tradisi Kenduri Laut

Tradisi Kenduri Laut ini biasanya dilaksanakan setahun sekali pada bulan oktober di salah satu pantai di daerah Tapanuli Tengah. Pelaksanaan tradisi ini biasanya dilakukan dalam dua prosesi, yaitu prosesi ritual dan prosesi perayaan. Prosesi ritual ini biasanya dilakukan pada malam hari, dengan diikuti oleh perwakilan dari beberapa kecamatan di Tapanuli Tengah dan setiap perwakilan harus membawakan beberapa persembahan berupa hasil bumi. Prosesi tersebut merupakan prosesi inti dalam Tradisi Kenduri Laut ini dan dianggap sakral.
Gambar : Kemeriahan Tradisi Kenduri Laut Di Tapanuli Tengah
Kemudian pada siang harinya dilanjutkan dengan prosesi perayaan yang dimeriahkan oleh berbagai hiburan seperti atraksi budaya maupun perlombaan. Atraksi budaya tersebut diantaranya seperti tarian tradisional dan berbagai kesenian tradisional lainnya. Selain itu ada juga beberapa perlombaan seperti lomba perahu, layang-layang, dan lain-lain. Walaupun bukan merupakan acara inti dalam Tradisi Kenduri Laut ini, namun acara hiburan tersebut cukup menyedot perhatian masyarakat. Karena pada prosesi tersebut, banyak juga masyarakat yang mengikutinya.

Nilai-Nilai Dalam Tradisi Kenduri Laut

Sebagai salah satu warisan budaya, Tradisi Kenduri Laut ini sangat kaya akan nilai-nilai di dalamnya, terutama nilai budaya dan kehidupan.

Nilai Kehidupan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Tradisi Kenduri Laut ini merupakan representasi dari hubungan manusia dengan alam, dimana alam selalu memberikan kehidupan untuk manusia. Dan untuk membalas kebaikan alam tersebut, manusia wajib untuk menjaga dan melestarikan alam, agar alam senantiasa memberikan kehidupan untuk mereka dan anak cucu mereka.

Nilai budaya

Tradisi Kenduri Laut ini merupakan salah satu warisan budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang. Tentunya tradisi ini sarat akan makna dan nilai-nilai serta filosofi di dalamnya. Sehingga harus terus dilestarikan, agar tidak hilang seiring dengan perkembangan zaman.

Perkembangan Tradisi Kenduri Laut

Dalam perkembangannya, Tradisi Kenduri Laut ini masih terus dijaga dan dilestarikan hingga sekarang. Tradisi ini masih terus dilaksanakan setiap tahunnya dan dimeriahkan oleh berbagai acara hiburan bertema budaya lokal maupun modern yang disesuaikan. Selain sebagai bagian dari budaya, Tradisi Kenduri Laut ini bahkan juga menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang datang ke sana. Dengan meriahnya Tradisi Kenduri Laut ini tentu bisa juga menjadi sarana untuk memperkenalkan pada masyarakat akan tradisi serta budaya masyarakat Tapanuli Tengah, sehingga tetap lestari dan tidak hilang seiring dengan perkembangan zaman.

Sekian pengenalan tentang “Tradisi Kenduri Laut Di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang tradisi dan budaya masyarakat di Indonesia.






Patut Kamu Baca:

Post a Comment