Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seni Musik Adalah - Sejarah , Perkembangan Seni Musik dan Unsur – Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik

Seni musik berasal dari dua kata, yaitu "seni" dan "musik". Seni adalah kemampuan membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan oleh gagasan tertentu. Sedangkan musik merupakan seni yang menggunakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung lagu, irama, dan keharmonisan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Seni Musik Adalah sarana ekspresi seorang seniman yang menggunakan suara yang dirangkai sedemikian rupa baik dengan menggunakan alat musik maupun suara vokal.

Tidak ada arti kata seni musik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Namun terdapat arti kata seni suara yang memiliki makna paling dekat dari seni musik. Arti kata seni suara menurut KBBI adalah seni olah suara atau bunyi (nyanyian, musik, dsb).

Selain pengertian seni musik diatas, para ahli sastra juga memiliki gagasan / pengertian tersendiri mengenai istilah seni musik. Berikut ini, beberapa pengertian seni musik menurut para ahli:
1. Pengertian Seni Musik menurut Jamalus (1998 : 1)
Definisi seni musik adalah suatu yang menghasilkan sebuah hasil karya seni yang berupa bunyi. Dari bunyi menjadi bentuk lagu atau komposisi yang menunjukan pikiran beserta perasaan penciptanya melalui unsur-unsur seni seperti melalui irama, harmoni, melodi, bentuk maupun susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.
2. Pengertian Seni Musik menurut David Ewen
Pengertian seni musik adalah ilmu pengetahuan serta seni mengenai pengkombinasian ritmik serta beberapa nada. Baik vokal ataupun bentuk instrumen yang mencakup sebuah melodi serta harmoni sebagai ekspresi segala sesuatu hal yang menginginkan diungkapkan lebih dalam dari segi emosional.
3. Pengertian Seni Musik menurut Aristoteles
Karya seni musik merupakan sebuah tuangan kemampuan serta tenaga penggambaran yang berawal dari sebuah gerakan rasa yang dalam satu deretan melodi (nada) yang memiliki irama.
4. Pengertian Seni Musik menurut Suhastjarja
Suhastjarja yang merupakan dosen senior di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, tamatan Peabody Institute Amerika. Berpendapat bahwa pengertian seni musik adalah suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat, tentang bentuk wujud nada atau suara lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni serta memiliki suatu bentuk dalam ruang dan waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan hidupnya sehingga dapat dimengerti dan dinikmatinya.

5. Pengertian Seni Musik menurut Sylando (1893 : 12)
Menurut Sylando seni musik adalah suatu wujud yang hidup dari sebuah kumpulan ilusi dan lantunan suara. Yang lebih jelasnya sylando juga menyatakan bahwa sebuah alunan musik serta nada yang memiliki jiwa dapat menggerakan isi hati sang pendengar atau penikmatnya.


Sejarah musik

Musik sudah dikenal manusia sejam zaman Homo Sapiens sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu.Pada awal abad ke-20, musik dianggap sebagai hal biasa. Di mana nada musik ditandai oleh keteraturan getarannya.Keseragamam tersebut memberinya nada yang tetap dan membedakan suaranya dari kebisingan.Dalam buku Sejarah Musik dan Apresiasi di Asia (2012) karya Sila Widyatama, musik adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi atau ritme serta mempunyai unsur atau keselaran yang indah.

Istilah musik dikenal dari bahaya Yunani yaitu "musike". Musike berasal dari perkataan muse-muse, yaitu sembilan dewa-dewa Yunani di bawah dewa Apollo yang melindungi seni dan ilmu pengetahuan.Dalam metodologi Yunani Kuno memiliki arti suatu keindahan yang terjadinya berasal dari kemurahan hati para dewa-dewa yang diwujudkan sebagai bakat.Kemudian pengertian itu ditegaskan okel Pythagoras, bahwa musik bukanlah sekedar hadiah (bakat) dari dewa-dewa, tapi musik terjadi karena akal budi manusia dalam membentuk teori-teori.Pythagoras, yang merupakan numerolog musik pertama dan meletakkan dasar untuk akustik. Dalam akustik orang-orang Yunani menemukan korespondensi antara nada not dan panjang string.

Tahap Perkembangan Seni Musik Di Indonesia

Berdialog mengenai pergantian dan perubahan musik itu sendiri sobat, ternyata musik di Indonesia juga mengalami perubahan atau tahap perkembangan. Adapun Tahap Perkembangan Seni Musik Indonesia hal yang demikian antara lain yaitu sebagai berikut :
  • Musik Tradisional
Musik tradusional yaitu musik yang benar-benar kental pengaruhnya akan adat, adat istiadat serta adat istiadat masyarakat tertentu. Pada lazimnya, musik tradisional ini bagus vocal atau instrumennya menjadi milik bersama, hal ini dikarenakan musik tradisional hal yang demikian tidak diketahui penciptanya dan juga tahun penciptaanya.  Kecuali itu sobat, musik tradusional ini juga yaitu kesederhanaan atau warisan para leluhur yang diakui kebenarannya dan juga perkembangannya.
  • Musik Klasik
Musik klsik sendiri yaitu musik yang lahir dari masa ke masa pada sekiatr abad ke 18. Musik klasik ini sendiri pembuatannya serta perjanjiannya menerapkan wujud, sifat dan juga gaya dari suatu musik yang berasal dari masa lalu.Musik klasik itu sendiri juga yaitu musik kuno yang pada masanya hidup dan berkembang di kalangan kaum bangsawan. Dilingkungan istana keraton. Musik klasik ini mempunyai sifat yang menunjukkan poin dan juga etika yang benar-benar kuat.

Musik klasik ini sendiri juga yaitu salah satu musik yang banyak digemari oleh banyak kalangan.  ini dikarenakan musik klasik ini yaitu musik yang mempunyai poin yajg benar-benar kental di dalamnya dan  niali atau lirik nyanyian hal yang demikian tidak akan lekang oleh waktu meskipun ada begitu banyak nyanyian yang lainnya yang sudah tumbuuh dan berkembang cocok dengan masanya.
  • Musik Moderen
Musik modern yaitu salah satu musik yang diketahui dengan sebutan musik kreasi baru. Musik ini juga bersumber dari musik tradisional dan juga musik klasik yang dikemas dalam satu hasil pengerjaan kreasi musik yang mencerminkan sikap dinamis yang menjadi tuntunan dari masyarakat. Musik modern secara prinsip bisa memberikan nuansa baru, meskipun tidak jarang lirik nyanyian yang digunakan yaitu lirik nyanyian yang lama, tapi mengandung arti yang benar-benar kental.


Unsur – Unsur Seni Musik

Seni musik tidak dibuat dengan benar jika tidak ada elemen yang membentuknya. Jadi apa saja unsur-unsur dalam seni ini? Berikut penjelasannya:

1. Irama

Irama atau yang lebih dikenal adalah irama panjang pendek dan nada tinggi dan rendah. Elemen ritme adalah elemen yang sangat penting terhadap seni musik karena ritme menentukan irama dalam musik.

2. Melodi

Melodi merupakan sebuah bentuk dalam urutan nada yang berurutan dari rendah ke tinggi atau dari tinggi ke rendah. Melodi adalah salah satu daya tarik dalam seni musik.

3. Harmoni

Harmoni adalah adanya sebuah kumpulan nada dan melodi yang teratur sehingga enak didengar. Harmoni sering disebut dengan akord yang menyertai musik.

4. Dinamika

Dinamika adalah adanya sebuah tanda dalam memainkan nada yang terkait dengan volume, hingga suara yang keras dan merdu dapat didengar. Elemen dinamis dari musik dengan menjadi elemen yang terpenting dari musik untuk mengekspresikan ekspresi musikal yang emosional misalnya bahagia, sedih, dan lain sebagainya.

5. Tangga Nada

Elemen seni musik ini biasanya digunakan sebagai mengatur pemutar musik di orkestra. Timbangan adalah adanya sebuah elemen musik yang terdiri dari level yang dinilai dari nada dasar hingga nada tinggi dan merupakan elemen penting untuk pertunjukan musik.

6. Tempo

Tempo merupakan sebuah ukuran kecepatan irama dalam sebuah lagu. Misalnya, semakin cepat lagu diputar dalam waktu, semakin cepat akan dinyanyikan. Tempo masih terbagi dalam berbagai elemen musik seperti Largo, Adagio, Lento, Andate, Moderato, Vivace dan Presto, dan Allegro.

7. Birama

Berbeda dalam ritme, Barama adalah elemen beat dalam musik dengan berbagai waktu reguler dan tempo tertentu. Bilah biasa ditulis dengan 2/4, ¾, 2/3, dan banyak lagi. Anda juga akan sering menemukan penghitung “/”, yang menunjukkan jumlah ketukan.

8. Timbre

Timbre nada atau yang kita tahu adalah kualitas suaranya. Misalnya, dalam sebuah gitar pada instrumen drum mempunyai timbre yang berbeda, meskipun instrumen dimainkan pada skala yang sama.





Contoh Dan Jenis-Jenis Seni Musik Di Dunia

  • Musik Klasik
Musik yang di ciptakan dalam kurun waktu yang sudah lama namun memiliki komposisi ritme dan tempo yang apik dan tertata, sehingga alunan nada yang di hasilkan tidak membosankan, menjadikan musik klasik masih tetap enak di nikmati ataupun di dengarkan hingga sekarang.
  • Musik Keroncong
Musik yang awalnya berakar dari jenis musik portugis yang mengalami perubahan seiring berjalanya waktu dan berkembangnya jaman menjadi semakin enak di dengar. musik keroncong memiliki ritme dan tempo yang elegan dimana syairnya di bawakan dengan cengkokan suara yang menggelombang.
Musik Blues
Musik yang terdiri dari perpaduan vocal dan instrumental, berasal dari warga afrika yang tinggal di amerika. awal mula musik blues di gunakan sebagai musik untuk mengiringi acara atau ritual di beberapa perbudakan orang kulit hitam di wilayah amerika.
  • Musik Balada
Musik yang dimainkan dengan tempo lambat, cenderung bertema tentang asmara atau cinta. musik balada berbentuk narasi, kalimat atau lirik lagu di lantunkan dengan penuh kata-kata puitis dan romantis.
  • Musik Rock
Musik yang memiliki bunyi khas dari gitar listrik atau akustik yang bisa di mainkan pada nada rendah sampai nada paling tinggi. musik rock dimainkan menggunakan back beat yang menjadi ciri khasnya pada rhythm section yang dipadukan dengan suara gitar bass dan drum serta kibor yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan yaitu berupa piano atau organ musik.
 

Penelusuran yang terkait dengan Perkembangan Seni Musik
  • perkembangan seni musik di indonesia
  • perkembangan seni musik nusantara
  • perkembangan seni musik brainly
  • sejarah seni musik
  • sejarah seni musik berdasarkan zaman
  • perkembangan seni musik nusantara zaman prasejarah
  • perkembangan musik tradisional di indonesia
  • musik zaman prasejarah

Post a comment for "Seni Musik Adalah - Sejarah , Perkembangan Seni Musik dan Unsur – Unsur Seni Musik Secara Lengkap"

Loading...
loading...