Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Angklung Buhun Dari Masyarakat Adat Kasepuhan Kabupaten Lebak

Mengenal Angklung Buhun Dari Masyarakat Adat Kasepuhan Kabupaten Lebak

Cintaindonesia.web.id Salah satu instrumen musik yang digunakan oleh Masyarakat Adat Kasepuhan di Lebak adalah alat musik Angklung. Walaupun angklung yang digunakan oleh masyarakat Adat Kasepuhan ini terbuat dari bahan bambu seperti halnya alat musik angklung ditataran sunda lainnya, Angklung di Kasepuhan ini memiliki ukuran dan irama yang berbeda.

Pada Kasepuhan Cisungsang, yaitu salah satu Komunitas Adat di Banten, Angklung ini dikenal dengan sebutan Angklung Buhun. Alat musik ayun ini terbuat dari bambu dengan diameter sekitar 4 sampai 5 cm yang disusun 3 (tiga) batang kesamping dengan tinggi 50 sampai 130 cm dan lebar 20 sampai 70 cm dan 2 (dua) buah bedug bambu.

Jika dilihat dari fungsinya, terdapat 2 (dua) jenis penggunaanya, yaitu Angklung Buhun yang dimainkan hanya dalam ritual upacara adat dan Angklung Buhun yang dimainkan sebagai seni dalam pertunjukan lokal.

Sebagai salah satu dari kearifan lokal didalam bidang seni, Angklung buhun ini memiliki makna filosofis tinggi, diantaranya jumlah alat musik angklung dan bedug terdiri dari 6 (enam) buah, hal tersebut merujuk kepada jumlah rukun Iman di Agama Islam. Hampir pada setiap ritual upacara adat di Kasepuhan Cisungsang, Alat musik Angklung Buhun ini selalu menjadi salah satu syarat mutlak sebagai instrumen dalam mengiringi ritual. Ritual yang selalu memakai alat musik ini diantaranya adalah Ritual Opatbelasna, Tebar, Ngamitkeun, Rasul Pare di Leuit, Ngareremokeun, Ngunjal, dan Seren taun.

Sebagai salah satu seni pertunjukan lokal, alat musik Angklung Buhun dapat dimainkan oleh 10 sampai 12 pemain dalam satu grup, dan bisa ditambah sesuai jumlah alat yang tersedia. Seperangkat instrumen dari Angklung Buhun ini terdiri dari 4 (empat) buah angklung dan 2 (dua) buah bedug, yakni Gong gong, Panembal, Kingking, Inclok dan 2 (dua) buah bedug atau dog-dog

Patut Kamu Baca:

Post a Comment