Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Topeng Tua, Tarian Tradisional Dari Bali

Tari Topeng Tua, Tarian Tradisional Dari Bali

Cintaindonesia.web.id Tari Topeng merupakan bagian drama tari tradisional Bali. Tari Topeng ini Selain dipentaskan untuk pertunjukan hiburan, terdapat pula jenis Tari Topeng yang menjadi pelengkap dalam upacara keagamaan. Salah satu Tari Topeng yang mempunyai fungsi dalam kedua hal tersebut adalah Tari Topeng Tua, atau yang disebut dengan Tari Werda Lumaku. Tari Topeng Tua ini adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Bali.

Tari Topeng Tua ini menampilkan seorang penari dengan busana yang megah dan juga mengenakan topeng kayu yang berasal dari kayu ylang-ylang. Topeng yang digunakan dalam tarian ini seperti raut wajah seorang pria yang berusia senja.

Pertunjukan Tari Topeng Tua

Pada saat pertunjukan, si penari akan berjalan mengelilingi panggung serta menari dengan gerakan yang lambat. Sesekali si penari juga akan menghela napas yang putus-putus dan membuat gerakan seperti menyapu keringat dari topengnya dengan gaya yang jenaka. Koreografi yang dibawakan oleh penari biasanya menggambarkan seorang pria tua yang sedang terkenang akan masa mudanya.

Sebagai tarian yang memiliki nilai kesakralan, Tari Topeng Tua ini biasanya dipentaskan dalam ritual peringatan piodalan. Peringatan yang selalu diadakan setiap 6 bulan dalam sistem penanggalan Bali tersebut, Tari Topeng Tua ini akan dipentaskan bersama dengan jenis tari topeng lainnya yang kemudian menjadi satu kesatuan dengan sebutan topeng panca. Selain Tari Topeng Tua, topeng panca ini terdiri dari topeng dalem, topeng keras bues, topeng keras, dan tokoh penasa, yaitu penutur cerita. Selain dipentaskan sebagai bagian dari acara ritual keagamaan, Tari Topeng Tua ini dan beberapa komponen topeng panca lainnya juga akan dipentaskan dalam format yang lebih singkat sebagai tari non ritual.

Selain menjadi bagian dari topeng panca, Tari Topeng Tua ini juga ditampilkan sebagai pembuka tari sakral lainnya, yakni Tari Topeng Pajegan. Tari Topeng Pajegan ini hanya dipertunjukan pada saat upacara keagamaan. Selain itu juga, semua tokoh yang ada dalam pertunjukan tarian ini akan dibawakan oleh seorang penari. Para penari akan memerankan tokoh yang berbeda-beda dengan tampilan topeng, penutup kepala, dan gestur yang berbeda.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment