Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Ketipung, Alat Musik Tradisional Dari Kalimantan Timur

Ketipung, Alat Musik Tradisional Dari Kalimantan Timur

Cintaindonesia.web.id Ketipung adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Timur. Alat musik yang satu ini biasa dipakai dalam mengiringi musik-musik melayu. Gendang kecil yang memiliki 2 (dua) sisi tabuh ini menjadi salah satu alat musik tradisional yang menjadi bagian dari instrumen gamelan.

Ketipung ini memiliki ukuran yang kecil dan juga berbentuk bulat memanjang yang bagian tengahnya yang berukuran lebih besar. Alat musik yang umumnya juga digunakan dalam mengiringi musik-musik bernuansa Timur Tengah ini terkadang dihiasi berbagai macam motif etnik khas Indonesia.

Pada kedua sisi tetabuhan ketipung ini terbuat dari kulit kambing atau kulit sapi yang telah ditipiskan. Ketika ditabuh, alat musik ini biasanya menghasilkan suara yang bulat. Selain digunakan dalam mengiringi musik-musik melayu, ketipung ini juga menjadi salah satu alat musik dalam mengiringi musik keroncong, atau bahkan dangdut.

Selain di Jawa, ketipung ini juga banyak ditemui di Pulau Kalimantan, khususnya di Kalimantan Timur. Ketipung di Kalimantan Timur ini memiliki sedikit perbedaan dengan ketipung yang ada di Pulau Jawa. Ketipung dari Kalimantan Timur ini hanya salah satu tampuk saja yang digunakan dalam tetabuhan, sementara pada satu tampuk lainnya dibiarkan terbuka. Ketipung yang berasal dari Kalimantan Timur ini terbuat dari kayu rengas yang berbentuk silinder dan pada bagian tetabuhan ditutup dengan kulit kambing.



Patut Kamu Baca:

Post a Comment