Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Artikel Kain Tenun Ternate


Cintaindonesia.web.id Kain tenun ikat adalah jenis kain tua yang telah dikenal di Indonesia sejak zaman dahulu kala. Hampir disetiap wilayah Indonesia mempunyai kain tenunnya sendiri. Mulai dari wilayah Indonesia bagian Barat sampai Timur mempunyai ciri khasnya tersendiri pada kain tenunnya. Kain tenun umumnya mempunyai harga yang tidak murah, namun hal tersebut sangat wajar karena proses pengerjaan dari kain tenun sangat rumit dan memakan waktu hingga berhari-hari. Salah satu kain tenun yang unik dan mempunyai karakter kuat adalah kain tenun asli Ternate.

Kain Tenun Ternate ini memang jarang kita dengar dan juga kurang populer di dunia busana Indonesia. Walaupun demikian, kain ini adalah sesuatu yang langka dan telah ada cukup lama di Ternate. Salah satu daerah di Ternate yang bernama Koloncucu adalah pusat dari pembuatan kain tenun ini dan kerajinan ini telah diturunkan secara turun-temurun di daerah tersebut. Banyak pengrajin kain tenun Ternate yang berasal dari daerah tersebut, dan biasanya menenun tidak hanya mereka jadikan sumber pemasukan, tetapi telah menjadi hobi untuk mengisi setiap waktu luang.

Untuk membuat satu kain tenun, umumnya sang pengrajin harus memakan waktu hingga 1 minggu, bahkan bisa memakan waktu 1 bulan jika motif kain yang dibuat cukup rumit. Dalam membuat kain tenun, Pertama-tama benang yang menjadi bahan dasar harus diurai dan kemudian diregangkan secara vertikal dengan menggunakan peralatan yang terbuat dari bambu dan kayu. Kemudian, sang pengrajin menyilangkan benang lainnya sampai membentuk motif dan mengikatnya sampai kuat dan membentuk kain. Itulah sebabnya mengapa kain ini disebut dengan tenun ikat. Setelah terus dikerjakan selama beberapa waktu, kain tersebut siap dilipat dan dikemas untuk kemudian dijual.


Macam-Macam Kain Tenun Ternate

Pada dasarnya, kain tenun Ternate ini tidak berbeda dari kain tenun pada umumnya yang ada di Indonesia. Mulai dari benang yang menjadi bahan dasar, peralatan sampai teknik pembuatan pun sama dengan kain tenun yang ada di daerah lain. Namun yang membedakan dari kain berharga mahal ini adalah pada motif yang menjadi ciri khasnya. Untuk kain Tenun Ternate ini biasanya akan menggunakan berbagai macam motif yang berkaitan dengan keragaman Provinsi Maluku Utara yang berkaitan dengan dunia laut, seperti kerang, ikan, ataupun burung laut.

Walaupun mempunyai banyak kesamaan dengan kain tenun lainnya, kain tenun ini mempunyai sejarah yang sangat menarik untuk ditelusuri. Menurut salah satu seorang penenun di Koloncucu, Ternate, pada awalnya budaya menenun bukanlah asli dari Ternate. Namun kerajinan tenun ini dibawa oleh para perantau yang berasal dari Pulau Sulawesi masuk ke Ternate dan kemudian diteruskan secara turun-temurun. Akhirnya, seiring dengan berjalannya waktu, kain tenun ini beradaptasi dan mempunyai ciri tersendiri sampai menjadi berbeda dari kain tenun asalnya. Dari kisah itulah, kain tenun Ternate muncul dan kemudian menjadi kerajinan khas Ternate yang telah diwariskan antar generasi.





Patut Kamu Baca:

Post a Comment