Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Bajidor Kahot, Tarian Tradisional Dari Jawa Barat

Tari Bajidor Kahot, Tarian Tradisional Dari Jawa Barat

Cintaindonesia.web.id - Tari Bajidor Kahot adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Tari Bajidor Kahot ini merupakan kombinasi dari Tari Ketuk Tilu dan Tari Jaipongan sebagai dasar dari gerakan. Yang membedakan dari Tari Bajidor Kahot ini adalah tidak mengoptimalkan bahu dalam gerakan seperti halnya pada Tari Jaipongan dan Tari Ketuk Tilu.

Dalam Tari Bajidor Kahot, pinggul, lengan, bahu, kepala, dan juga tangan digerakkan dengan dinamis. Langkah-langkah dari kaki pun menjadi bagian Tari Bajidor Kahot.

Para penari bajidor kahot biasanya mengenakan kebaya khas tanah Pasundan. Dengan kebaya yang di desain pas dengan bentuk tubuh, para penari bajidor kahot terlihat sangat menawan. Terlebih, pakaian yang dikenakan memakai warna cerah. Tambahan aksesori berupa selendang dan juga kipas membuat pertunjukan dari Tari Bajidor Kahot ini terlihat sangat indah.

Pertunjukan Tari Bajidor Kahot
Pertunjukan Tari Bajidor Kahot

Gerakan-gerakan dalam tarian ini terlihat dinamis, energik, seksi, dan juga anggun. Sering kali para penari juga berpindah-pindah dan membentuk sebuah formasi yang menarik.

Tari Bajidor Kahot diciptakan disekitar tahun 2000. Dalam setiap pertunjukannya, Tari Bajidor Kahot ini selalu diiringi oleh gendang khas tanah Pasundan. Selain itu juga, musik gamelan Bali menambah kekayaan musik yang mengiringi tarian ini.

Seperti dalam jaipongan, Tari Bajidor Kahot ini juga dibawakan oleh remaja putri. Para penari Tari Bajidor Kahot ini biasanya berjumlah 4 (empat) sampai 8 (delapan) orang.



Patut Kamu Baca:

Post a Comment