Tari Ngantat Dendan, Tarian Tradisional Dari Sumatera Selatan

Tari Ngantat Dendan, Tarian Tradisional Dari Sumatera Selatan
Tari Ngantat Dendan, Tarian Tradisional Dari Sumatera Selatan

Cintaindonesia.web.id - Tari Ngantat Dendan adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Sumatera Selatan. Tarian ini merupakan tari kreasi yang digarap khusus sebagai tarian yang menggambarkan iring-iringan dari pengantin pria didalam pernikahan adat Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan. Ciri utama pada Tari Ngantat Dendan adalah penggunaan properti yang berupa jaras, yaitu rantang besar yang diikat memakai selendang dan diletakkan di bagian kepala.

Dalam budaya Lubuklinggau, jaras didalam pernikahan adat digunakan sebagai wadah untuk menampung barang-barang yang telah diminta oleh mempelai perempuan sebagai mahar dari pernikahan. Jaras didalam rombongan mempelai laki-laki biasanya akan dibawa oleh kaum hawa, baik itu ibu-ibu maupun para gadis. Hal tersebut dikarenakan ketika budaya tersebut diimplementasikan ke dalam bentuk tarian, tarian tersebut hanya dipentaskan oleh kaum hawa.

Secara umum, tari ngantat dendan ini merupakan tarian yang bertumpu pada gerakan tangan dan juga pinggul. Dibutuhkan keluwesan serta tenaga yang lebih untuk dapat menari sambil memainkan jaras. Gerakan menopang jaras pada bagian kepala terlihat eksotis dengan balutan tata rias yang dibuat sederhana, tanpa meninggalkan kesan anggun para penari.

Pertunjukan Tari Ngantat Dendan
Pertunjukan Tari Ngantat Dendan

Tari ngantat dendan ini biasanya diiringi oleh musik batanghari sembilan. Musik ini dihasilkan dari perpaduan beberapa instrumen alat musik modern dan tradisional, seperti gitar, gendang jimbe, keromong dengan 12 kenong, biola, tamborin, dan juga akordian sebagai melodi. Tidak lupa, disela-sela musik, diselipkan syair-syair pantun yang isinya menggambarkan sebuah kegembiraan hati, seperti kegembiraan mempelai pria yang akan bertemu mempelai wanita.




Patut Kamu Baca:
Tarian Tradisional

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

0 Response to "Tari Ngantat Dendan, Tarian Tradisional Dari Sumatera Selatan"

Post a Comment

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel