Tuesday, 29 May 2018

Cara Membuat Wayang Kulit Artikel Lengkap

loading...

Cintaindonesia.web.id - Wayang kulit sebagai embrio dari berbagai jenis wayang yang ada saat ini mungkin telah dikenal oleh masyarakat luas. Namun demikian, masih belum banyak orang yang mengetahui bagaimana proses dari pembuatan wayang kulit. Dalam proses pembuatan wayang kulit ini dibutuhkan kulit kerbau. Untuk dapat menghasilkan wayang kulit yang berkualitas, maka diperlukan kulit kerbau yang bagus.
Menurut Saimono, yaitu seorang pengrajin wayang kulit dari Surakarta, “Untuk menghasilkan wayang kulit yang berkualitas bagus, maka dibutuhkan waktu sekitar 1 (satu) bulan.” Pembuatan wayang kulit tersebut melalui berbagai tahap yang sangat rumit. Tahapan awal yang dilakukan didalam pembuatan wayang kulit ini adalah dengan membuat pola pada bagian kulit yang telah diolah. Pola tersebut kemudian menjadi pijakan didalam tahap menatah. Pada tahap menatah atau mengukir ini dibutuhkan ketelitian yang lebih, supaya menghasilkan detail bentuk yang sangat indah.

Setelah wayang kulit tersebut terbentuk dan disatukan bagian-bagiannya, kemudian barulah masuk ke tahap berikutnya, yakni tahap pewarnaan. Pertama kali yang dilakukan didalam proses pewarnaan adalah memberikan warna dasar pada figur wayang yang akan dibuat. Misal pada figur Batarakala, maka dalam pemberian harus warna merah.

Proses Pembuatan Wayang

Menurut Saimono, yaitu dosen ISI Surakarta, dalam proses pembuatan wayang kulit figur Pandawa, Wisnu, dan juga para raja-raja memang memerlukan waktu pengerjaan yang sangat lama. Hal tersebut menyangkut bentuk detail yang terdapat pada figur-figur tersebut. Figur para raja dan juga dewa dirasakan memiliki tingkat kerumitan yang lebih, dikarenakan figur-figur tersebut selalu mengenakan berbagai macam aksesoris.

Lain halnya pada figur punakawan yang minim aksesoris, figur tersebut mudah dibuat dan juga tidak memerlukan waktu lama dalam proses pengerjaannya. Lamanya dalam proses pengerjaan menjadikan wayang kulit dari figur para raja dan dewa mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan figur yang lainnya. Para penggemar wayang tidak sungkan untuk membayar lebih mahal guna mendapatkan figur wayang kulit hasil dari produksi Saimono, karena selain mempunyai bentuk detail yang bagus, wayang kulit tersebut juga nyaman untuk dimainkan. Tidak heran jika banyak para dalang tersohor yang menggunakan wayang kulit dari hasil produksi Saimono.





Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait