Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Mojang Jaipong, Tarian Tradisional Dari Jawa Barat

Tari Mojang Jaipong, Tarian Tradisional Dari Jawa Barat

Cintaindonesia.web.id - Tari Mojang Jaipong adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Tarian ini merupakan tari pergaulan yang berembrio dari seni tari Jaipongan. Tari Jaipong ini sendiri diciptakan oleh Gugum Gumbira dengan mengadopsi dan juga memadukan berbagai gerakan dasar didalam seni pertunjukkan ketuk tilu, tari topeng banjet, serta pencak silat.

Berbeda dengan tari Jaipong yang umumnya ditarikan secara berpasangan, Tari Mojang Jaipong ini hanya ditarikan oleh para perempuan yang beranjak remaja dengan mengenakan pakaian tradisional khas Sunda. Bagian atasnya mengenakan kebaya berwarna cerah dan dilengkapi oleh kain batik khas Sunda pada bagian bawahnya. Hiasan rambut dibuat menarik, dan riasan bagian wajah dibuat minimalis tetapi tetap mengeluarkan aura cantik mojang sunda.

Pertunjukan Tari Mojang Jaipong
Pertunjukan Tari Mojang Jaipong

Secara umum, Tari Mojang Jaipong ini ditarikan oleh 6 (enam) - 8 (delapan) orang perempuan dengan diiringi musik tradisional khas Sunda dengan tempo yang cepat. Untuk mampu menarikan Tari Mojang Jaipong ini dengan sempurna, maka seseorang harus menguasai beberapa gerakan, yakni gerak bukaan, pencugan, gala, dan gerakan minci.

Gerak bukaan merupakan gerakan-gerakan didalam pembuka tarian. Sementara itu pencugan merupakan kumpulan-kumpulan dari gerakan itu, sedangkan pada ngala merupakan gerakan pemberhentian dari rangkaian tarian, dan minci disebut juga sebagai gerakan peralihan atau perpindahan dari satu gerakan ke gerakan yang lainnya.

Tari Mojang Jaipong sebagai identitas Sunda kerap dipentaskan didalam berbagai perhelatan adat. Tari tradisional ini sering dipentaskan didalam seren taun, pernikahan adat, khitanan, dan juga perhelatan adat lainnya. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan Tari Mojang Jaipong ini dikolaborasikan dengan berbagai kesenian kontemporer yang bersifat hiburan.





Patut Kamu Baca:

Post a Comment