Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Gamelan Bali Kesenian Musik Tradisional Dari Bali

Cintaindonesia.web.id - Alat musik satu ini merupakan alat musik gamelan tradisional yang khas dari Bali. Namanya adalah Gamelan Bali.

Apakah Gamelan Bali itu?

Gamelan Bali adalah salah satu jenis alat musik gamelan tradisional yang khas dari Bali. Gamelan Bali ini memiliki beberapa perbedaan dengan alat musik gamelan pada umumnya, baik dalam bentuk maupun cara memainkannya. Gamelan Bali ini biasanya di tampilkan sebagai pengiring suatu pertunjukan kesenian di Bali, baik bersifat sakral maupun hiburan.

Asal Mula Gamelan Bali

Menurut beberapa sumber sejarah yang ada Gamelan Bali ini sudah ada sejak jaman dahulu kala. Hal tersebut bisa di lihat dari Prasasti Bebetin yang ada di Bali, yang menyebutkan bahwa gamelan sudah ada sejak tahun 896 masehi, yaitu pada masa pemerintahan Raja Ugrasena di Bali. Namun dikatakan pada masa itu gamelannya sedikit lebih sederhana daripada yang sekarang.

Dimulai dari abad ke VIII saat terjadinya hubungan-hubungan antara kerajaan jawa dan Bali, membawa beberapa kesenian seperti gamelan jawa masuk ke Bali meskipun masih berupa instrumen terpisah. Hal ini lah yang membuat Gamelan Bali sekilas hampir mirip dengan gamelan jawa. Namun walaupun begitu Gamelan Bali tetap memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya berbeda dengan gamelan jawa, salah satunya adalah cara memainkan instrumentnya. Bila di bandingkan dengan permainan gamelan jawa, Gamelan Bali dimainkan dengan tempo yang lebih cepat.

Jenis Gamelan Bali

Gamelan Bali ini dikelompokan menjadi tiga kelompok, diantaranya gamelan tua, gamelan madya dan gamelan baru. Dalam kelompok gamelan tua terdapat instrument seperti gambang, saron, selonding kayu, gong besi, gong luwang, selonding besi, angklung kelentang dan gender wayang. Kemudian untuk gamelan madya terdapat instrument seperti pengambuhan, semarpagulingan, pelegongan, bebarongan, joged pingitan, gong gangsa jongkok, babonangan, danringdik gandrung. Sedangkan pada gamelan baru terdapat instrument seperti pengarjaan, gong kebyar, pejangeran, angklung bilah 7, joged bung-bung, dan gong suling.

Fungsi Gamelan Bali

Gamelan Bali ini sangat sulit dipisahkan dari kehidupan masyarakat Bali. Karena apabila dilihat dari fungsinya, Gamelan Bali sering digunakan untuk mengiringi upacara keagamaan dan hiburan. Dalam hal keagamaan, Gamelan Bali sering ditampilkan untuk mengiringi berjalannya upacara keagamaan atau mengiringi tarian tradisional yang bersifat sakral. Sedangkan dalam hal hiburan, Gamelan Bali sering ditampilkan sebagai pertunjukan musik maupun pengiring berbagai kesenian yang bersifat hiburan yang ada di Bali.

Perkembangan Gamelan Bali

Gamelan Bali merupakan salah satu alat kesenian yang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat Bali. karena bila dilihat dari fungsinya, selain sebagai pengiring pertunjukan bersifat hiburan, Gamelan Bali juga menjadi bagian dari upacara keagamaan di sana. Sehingga kesenian gamelan ini masih terus dilestarikan dan diajarkan secara turun temurun oleh masyarakat disana.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment