Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Persembahan Kutai, Tarian Tradisional Dari Kutai Kartanegara Kalimantan Timur

Tari Persembahan Kutai, Tarian Tradisional Dari Kutai Kartanegara Kalimantan Timur

Cintaindonesia.web.id - Tari Persembahan Kutai adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Sebutan tari persembahan cukup banyak ditemukan di daerah-daerah lain, seperti di Lampung, Riau, dan juga Minangkabau. Meskipun demikian, masing-masing daerah mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan daerah lain.

Di beberapa daerah di Pulau Sumatera, tarian persembahan ini dicirikan dengan adanya sirih dan pinang yang disuguhkan kepada para tamu. Tradisi menyuguhkan sirih tersebut merupakan bagian dari pengaruh kebudayaan Melayu dan juga Sriwijaya yang bermakna penghormatan kepada para tamu. Pada tarian persembahan dari Kutai, prosesi menyuguhkan sirih dan juga pinang kepada para tamu ini tidak ditemukan. Sebagai penggantinya, penghormatan tersebut diwujudkan dengan penebaran beras kuning oleh para penari.

Dahulu, tarian persembahan hanya bisa ditemukan di lingkungan Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara. Tarian ini dibawakan secara khusus oleh putri putri Keraton didalam suatu upacara penyambutan resmi dengan diiringi alat musik gamelan. Tidak ada batasan yang jelas mengenai jumlah para penari dalam tarian ini, tapi dipercaya bahwa semakin banyak jumlah para penari, maka akan semakin baik. Seiring waktu, tarian ini lalu diperbolehkan untuk ditarikan oleh kalangan dari luar Keraton supaya tetap lestari sebagai bagian dari warisan kebudayaan Kutai.

Jika dilihat dari segi koreografi dan musik pengiring, pengaruh dari budaya Jawa terasa sangat kuat. Salah satunya adala didalam penggunaan rangkaian instrumen gamelan yang sangat berperan sentral mengatur ritme dalam gerakan tarian ini. Ritme gerakan dalam tarian ini memiliki kemiripan dengan tari ganjur, walaupun berbeda dari sisi gestur. Hal tersebut kemungkinan merupakan jejak dari akulturasi budaya yang terbentuk karena adanya hubungan diplomatik yang sangat erat antara Kesultanan Kutai dengan Keraton-keraton yang ada di Pulau Jawa.

Pertunjukan Tari Persembahan Kutai
Pertunjukan Tari Persembahan Kutai

Saat membawakan tari persembahan ini, para penari biasanya membawa cawan yang berisikan beras kuning. Beras kuning merupakan salah satu dari kelengkapan didalam ritual-ritual sakral di Kesultanan Kutai. Beras kuning ini memiliki fungsi sebagai media dalam membangun komunikasi dengan alam gaib. Di tengah pertunjukan, beras kuning ini ditebarkan ke arah para tamu sebagai bentuk dari penghormatan dan juga harapan akan keberkahan bagi sang tamu.


Patut Kamu Baca:

Post a Comment