Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tahu Kuning Makanan Tradisional Dari Kediri, Jawa Timur

Cintaindonesia.web.id Makanan satu ini merupakan jenis olahan tahu yang sangat khas dari Kediri, Jawa Timur. Namanya adalah Tahu Kuning.

Apakah Tahu Kuning itu?

Tahu Kuning adalah makanan jenis tahu yang pada bagian luarnya memiliki warna kuning. Warna tersebut disebabkan karena pada saat perendaman tahu diberi kunyit, sehingga menghasilkan warna kuning pada bagian luarnya. Selain warnanya yang unik, Tahu Kuning ini memiliki rasa dan tekstur yang berbeda dengan tahu putih atau jenis tahu lainnya. Tahu Kuning ini merupakan salah satu makanan khas dari kota Kediri, Jawa Timur.

Keistimewaan Tahu Kuning

Selain warnanya yang unik, Tahu Kuning ini memiliki beberapa keistimewaan yang membedakan dengan jenis tahu lainnya. Salah satu keistimewaan dari Tahu Kuning ini terletak pada tekturnya yang lebih padat, sehingga bila dipotong tidak mudah hancur. Selain itu, Tahu Kuning ini juga lebih kenyal dan bagian dalamnya juga terlihat sangat halus. Berbeda dengan tahu putih pada umumnya yang bila dipotong sering mudah hancur dan bagian dalamnya terlihat tidak halus.

Pengolahan Tahu Kuning

Sama dengan tahu pada umumnya, Tahu Kuning ini juga terbuat dari kedelai. Namun yang membedakan adalah pada proses perendamannya. Pada proses perendaman tahu ini menggunakan air rendaman yang sudah diberi kunyit, sehingga menghasilkan warna kuning pada tahunya. Selain itu pada proses pencetakannya juga menggunakan bahan tahu yang lebih banyak, sehingga menghasilkan tahu yang lebih padat.

Cita Rasa Tahu Kuning

Tahu Kuning ini memiliki cita rasa yang khas dan sedikit berbeda dengan tahu pada umumnya. Apabila digoreng, bagian luar tahu akan menjadi kering dan terasa renyah, namun pada bagian dalam tetap lembut dan kenyal. Sedangkan untuk rasanya, Tahu Kuning ini memiliki rasa gurih yang sangat khas. Tahu Kuning ini sangat cocok bila disajikan bersama dengan cabai rawit atau sambal petis. Rasanya yang gurih dan kenyal tentu membuat kita ketagihan dan tidak mau berhenti menyantapnya.

Tempat Kuliner Tahu Kuning

Tahu Kuning ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Kediri, Jawa Timur. untuk mencari Tahu Kuning ini sangat mudah, karena banyaknya industri rumahan yang memproduksi makanan ini. Selain itu kita juga bisa menemukannya di beberapa toko oleh – oleh yang tersebar di kota Kediri.





Patut Kamu Baca:

Post a Comment