Saturday, 26 May 2018

Kumpulan Macam Alat Musik Gesek Lengkap Gambar dan Penjelasanny

loading...
Inilah 15 Macam Alat Musik Gesek Lengkap Gambar dan Penjelasannya

Cintaindonesia.web.id - Terdapat banyak sekali cara didalam memainkan alat musik, mulai itu dengan cara dipukul, ditiup, sampai dipetik. Salah satu alat musik yang selalu mengalunkan nada-nada indah setiap kali dimainkan yaitu alat musik gesek. Nah berikut ini merupakan 15 alat musik yang dimainkan dengan cara digesek.

1. Alat Musik Biola

Alat Musik Biola
Alat Musik Biola

Alat Musik Biola adalah alat musik modern yang sudah biasa dimainkan di acara-acara pagelaran musik, baik itu dipagelaran musik orkestra, musik jazz,musik pop, maupun dipagelaran musik melayu. Alat musik Biola sendiri umumnya memiliki 4 buah senar yang telah diatur tata letaknya dengan sedemikian rupa sampai memiliki interval nada sempurna ketika digesek. Kebanyakan para pemain biola yaitu wanita. Para pemain biola dikenal sebagai violinist.

2. Alat Musik Contre Bass

Alat Musik Contre Bass
Alat Musik Contre Bass

Contre bass merupakan sejenis alat musik biola tetapi memiliki bentuk dan ukuran yang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan alat musik Biola, umumnya Contre Bass dimainkan di dalam pertunjukan seni musik seperti halnya dalam pertunjukan jazz,  pertunjukan musik orkestra, pertunjukan country, rockabilly, dan juga pertunjukan musik bluegrass. Alat musik Contre Bass biasanya akan mengeluarkan nada rendah pada saat dimainkan. Selain di gesek, alat musik Contre Bass terkadang bisa juga dimainkan dengan cara dipetik.

3. Alat Musik Viola

Alat Musik Viola
Alat Musik Viola

Viola merupakan salah satu alat musik modern yang dalam keluarga alat musik biola. Meskipun mempunyai bentuk yang hampir sama, tetapi alat musik Viola mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil dan juga mengeluarkan nada lebih rendah bila dibandingkan dengan bunyi atau nada yang dihasilkan oleh alat musik Biola.

4. Alat Musik Cello

Alat Musik Cello
Alat Musik Cello

Violoncello atau yang kerap disebut dengan Cello merupakan alat musik modern yang dimainkan dengan cara digesek dan masuk kedalam keluarga alat musik biola. Cello mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan double bass, tetapi ukurannya juga jauh lebih besar bila dibandingkan dengan alat musik Biola.

5. Alat Musik Rebab

Alat Musik Rebab
Alat Musik Rebab

Rebab merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah jazirah Arab dan dimainkan dengan cara digesek. Alat musik rebab biasanya ada didalam pagelaran kesenian musik dari Betawi, alat musik rebab juga kerap dimainkan bersamaan dengan alat musik gambang kromong.

6. Alat Musik Tarawangsa

Alat Musik Tarawangsa
Alat Musik Tarawangsa

Tarawangsa adalah salah satu alat musik tradisional dari wilayah Jawa Barat dan dimainkan dengan cara digesek. Tarawangsa memiliki 2 buah dawai yang umumnya terbuat dari kawat besi ataupun baja. Cara memainkan Tarawangsa ini terbilang cukup mudah, yaitu dengan menggesekkan senar atau dawai yang ada dibagian tubuh tarawangsa dengan memakai senar yang ada di busur.

7. Alat Musik Tehyan

Alat Musik Tehyan
Alat Musik Tehyan

Alat Musik Tehyan merupakan alat musik tradisional yang berasal dari wilayah Jakarta dan dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini selalu dimainkan di dalam pagelaran hiburan rakyat.

8. Alat Musik Arababu

Alat Musik Arababu
Alat Musik Arababu

Arababu merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Maluku dan dimainkan dengan cara digesek. Arababu umumnya hanya mempunyai satu dawai dan mempunyai pegangan kuat dari yang dibuat dari bahan bambu serta sebuah tabung resonansi dimana tempat memperkuat bunyi atau suara yang dibuat dari oleh tempurung kelapa.

9. Alat Musik Haegeum

Alat Musik Haegeum
Alat Musik Haegeum

Haegeum adalah alat musik tradisional yang berasal Korea Selatan dan dimainkan dengan cara digesek. Haegeum merupakan jenis rebab adaptasi, dimana bentuk Haegeum ini mengadaptasi bentuk alat musik rebab Cina. Haegeum mempunyai 2 buah senar atau dawai, kedua dawai tersebut umumnya dimainkan dengan cara digesek memakai busur. Dengan bentuk yang kecil, cara memainkan Haeheum juga terbilang sangat unik, yaitu dengan cara memangku alat musik tersebut dipangkuan si pemain.

10. Alat Musik Erhu

Alat Musik Erhu
Alat Musik Erhu

Erhu merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Tiongkok dan dimainkan dengan cara digesek. Asal-usul keberadaan alat musik Erhu dapat dilacak sampai ke Dinasti Tang disekitar abad ke-7 Masehi sampai abad ke-10 Masehi. Di era itulah, Erhu populer dikalangan masyarakat etnis minoritas dibagian barat laut Tiongkok. Alat musik erhu merupakan alat musik yang selalu dipakai didalam pagelaran opera tradisional di Tiongkok.

11. Alat Musik Yangqin

Alat Musik Yangqin
Alat Musik Yangqin

Alat Musik Yangqin adalah alat musik tradisional yang berasal dari wilayah Tiongkok dan dimainkan dengan cara digesek. Suara yang dihasilkan oleh alat musik satu ini terbilang sangat lantang dan juga nyaring. Sebab kekuatan dan juga kenyaringannya tersebut menjadikan alat musik ini posisi kunci disetiap pertunjukan tradisional Tiongkok.

12. Alat Musik Keso Keso

Alat Musik Keso Keso
Alat Musik Keso Keso

Alat Musik Keso Keso merupakan alat musik yang berasal dari wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Dawai yang dipakai untuk menggesek alat musik keso keso ini umumnya terbuat dari bahan dasar rambut kuda. Meskipun terbilang mempunyai cara main yang sama dengan alat musik gesek lainnya, namun ternyata dibutuhkan keahlian khusus didalam menggesek keso keso supaya bisa menghasilkan nada-nada yang sangat indah.

13. Alat Musik Sukong

Alat Musik Sukong
Alat Musik Sukong

Alat musik sukong mempunyai kesamaan bentuk dengan alat musik rebab, tetapi suara yang dihasilkan pada alat musik ini jauh berbeda. Sukong mempunyai 2 buah senar atau dawai dan memiliki nada dasar G. Di dalam pagelaran kesenian gambang kromong, alat musik sukong diposisikan sebagai nada bass sebab suara yang dihasilkan olehnya terbilang rendah.

14. Alat Musik Arbab

Alat Musik Arbab
Alat Musik Arbab

Alat Musik Arbab merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Aceh dan dimainkan dengan cara digesek. Alat musik Arbab ini selalu dimainkan ketika pagelaran hiburan rakyat. Alat Arbab pernah populer dan juga berkembang di daerah Aceh Tengah, Aceh Barat, dan wilayah piddie. Alat musik Arbab sendiri terbuat dari bagian kelapa, yaitu tempurungnya, sedangkan untuk dawai geseknya terbuat dari serat rotan atau kayu. Walaupun terlihat sangat mudah, tetapi dibutuhkan keahlian khusus guna mendapatkan menghasilkan bunyi atau nada yang sesuai dengan keinginan.

15. Alat Musik Rabab

Alat Musik Rabab
Alat Musik Rabab

Alat Musik Rabab merupakan alat musik tradisional yang berasal dari wilayah Sumatera Barat dan dimainkan dengan cara digesel. Cara memainkannya pun juga tidak jauh berbeda dengan memainkan alat musik gesek lainnya. Alat musik rabab ini umumnya dimainkan didalam pagelaran hiburan rakyat guna menghibur dan juga memeriahkan suasana. Walaupun merupakan alat musik adaptasi tetapi Rabab bisa diterima di Provinsi Sumatera Barat.



Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait