Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tifa Alat Musik Tradisional Dari Maluku Dan Papua

Berikut ini merupakan salah satu alat musik tradisioanal dari daerah Maluku dan Papua. Namanya adalah alat musik Tifa.
Apakah alat musik Tifa itu?

Tifa adalah salah satu alat musik yang berasal dari Indonesia bagian timur, khususnya daerah Papua dan Maluku. Alat musik Tifa ini merupakan  sejenis alat musik pukul yang terbuat dari kayu dan berbentuk tabung. Bentuk dan fungsinya sekilas hampir sama dengan alat musik Gendang, namun suara alat musik Tifa ini terdengar lebih ringan. Tifa merupakan salah satu alat musik yang terkenal di kalangan masyarakat Papua dan Maluku. Alat musik ini biasanya sering digunakan untuk mengiringi upacara adat, pertunjukan musik, atau tarian tradisional.

Asal Usul Alat musik Tifa

Sejarah tentang adanya alat musik Tifa ini masih belum diketahui secara pasti. Namun diperkirakan bahwa alat musik Tifa ini sudah ada di Papua dan Maluku sejak jaman dahulu kala. Hal ini terlihat dari berbagai ritual dan tarian tradisional masyakat di sana yang sudah ada sejak dahulu, dan menggunakan Tifa sebagai pengiringnya. Selain itu, karena letak pulau Papua dan Maluku yang berdekatan inilah yang memungkinkan terjadinya persamaan diantara budaya mereka, salah satunya adalah alat musik Tifa ini.

Bentuk Alat Musik Tifa

Alat musik Tifa pada dasarnya merupakan alat musik yang terbuat dari kayu berbentuk tabung dan bagian tengahnya dilubangi. Kemudian salah satu sisinya ditutup dengan kulit hewan yang sudah dikeringkan. Selain itu pada bagian kayu Tifa biasanya diukir dengan bentuk ukiran khas daerah masing-masing. Bentuk alat musik Tifa ini sekilas hampir sama dengan Gendang, namun ukuran dan suaranya sedikit berbeda.

Jenis Alat Musik Tifa

Alat musik Tifa di daerah Papua dan di daerah Maluku pada dasarnya sangat berbeda, terutama pada segi bentuk. Alat musik Tifa di daerah Papua biasanya pada bagian tengah lebih melengkung dan memiliki pegangan pada bagian tengah. Sedangkan Tifa di daerah Maluku berbentuk tabung biasa dan tidak memiliki pegangan. Alat musik Tifa juga dibagi menjadi beberapa jenis, diantara Tifa jekir, Tifa potong, Tifa dasar, dan Tifa bas. Jenis Tifa tersebut biasanya yang membedakan adalah warna suaranya, sehingga saat dimainkan bersama harus disesuaikan dengan suara dan fungsinya masing-masing.

Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Untuk memainkan alat musik Tifa biasanya disesuaikan dengan jenis Tifa yang dimainkan. Ada yang menggunakan alat pukul, dan ada juga yang hanya dimainkan menggunakan tangan. Sama halnya dengan alat musik Gendang, Tifa juga merupakan jenis alat musik yang mempunyai satu suara. Sehingga saat dimainkan bersama alat musik lain, Tifa menjadi suara utama dan pengatur irama. Namun apabila dimainkan dengan jenis Tifa lainnya, maka harus disesuaikan. Karena setiap jenis Tifa biasanya memiliki suara yang berbeda, sehingga harus dipadukan agar menajadi suatu irama yang baik dan enak untuk didengarkan.

Fungsi Alat Musik Tifa

Alat musik Tifa di daerah Papua dan di daerah Maluku memiliki fungsi yang sama. Tifa biasanya digunakan oleh masyarakat untuk mengiringi upacara adat, pengiring tarian tradisional, atau pengiring lagu. Untuk mengiringi acara tersebut biasanya jenis Tifa yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan, terutama saat mengiringi tarian tradisional. Karena dalam tarian tradisional jenis musik sangat mempengaruhi gerak dan penampilan tarinya.

Perkembangan Alat Musik Tifa

Alat musik Tifa masih terus dilestarikan dan dipertahankan hingga sekarang. Alat musik satu ini masih sering digunakan untuk mengiringi berbagai acara seperti upacara adat, tarian tradisional, pertunjukan musik dan lain-lain. Dalam perkembangannya, berbagai kreasi dan variasi dalam memainkan musik Tifa juga sering dilakukan di setiap pertunjukannya. Hal ini tentu dilakukan agar terlihat menarik, namun harus menyesuaikan dengan gerakan tari atau lagu yang diiringinya. Selain itu, alat musik Tifa kini tidak hanya dikenal oleh masyarakat di Maluku dan Papua saja, Tifa kini juga mulai dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia, bahkan hingga di luar negeri.
Gambar : Tifa khas Maluku

Gambar : Tifa khas Papua



















Patut Kamu Baca:

Post a Comment