Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Seni Adalah - Menurut Para Ahli, Cabang-Cabang Seni, Berserta Fungsi Seni Bagi Individu dan Sosial

Pengertian Seni 

Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, makna dari bentuknya, dan sebagainya), seperti tari, lukisan, ukiran.Seni meliputi banyak kegiatan manusia dalam menciptakan karya visual, audio, atau pertunjukan yang mengungkapkan imajinasi, gagasan, atau keperigelan teknik pembuatnya, untuk dihargai keindahannya atau kekuatan emosinya.Kegiatan-kegiatan tersebut pada umumnya berupa penciptaan karya seni, kritik seni, kajian sejarah seni dan estetika seni.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Beberapa ahli juga mengemukakan pendapat mereka mengenai pengertian seni.
Berikut ini pendapat dari beberapa ahli tentang apa yang dimaksud dengan seni.
  • 1. Aristoteles
Menurut pendapat yang dikemukakan oleh Aristoteles, seni adalah suatu aktivitas meniru alam dengan bentuk atau cara pengungkapan dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari realitas atau kenyataan yang ada.
  • 2. Alexander Baum Garton
Alexander Baum Garton menyatakan pendapatnya mengenai seni yaitu suatu hal yang berkaitan dengan keindahan dan memiliki tujuan positif, sehingga mampu menciptakan perasaan bahagia bagi para penikmatnya.
  • 3. Ki Hajar Dewantara
Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa seni merupakan hasil keindahan yang mampu menggerakkan perasaan indah siapapun yang melihatnya, sehingga apapun perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dan menciptakan perasaan indah itulah yang disebut dengan seni.
  • 4. Immanuel Kant
Arti seni menurut Kant merupakan sebuah impian yang dituangkan menjadi suatu karya, karena rumus-rumus tertentu tidak dapat mewujudkan realitas atau kenyataan.
  • 5. James Murko
James Murko berpendapat bahwa seni merupakan penjelasan dari ungkapan perasaan indah yang terkandung pada setiap jiwa manusia. Menurutnya, seni ini dilahirkan atau diciptakan melalui perantara berupa media atau alat komunikasi yang dapat ditangkap oleh panca indera manusia, baik indra penglihatan, pendengaran, atau perantara gerak.
  • 6. Leo Tolstoy
Leo Tolstoy menyatakan pendapatnya mengenai pengertian seni sebagai ungkapan perasaan dari pencipta untuk menyampaikan apa yang dirasakannya kepada orang lain sebagai penikmat karyanya.
  • 7. Hillary Bel
Definisi seni menurut pendapat Hillary Bel yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah karya yang bisa menggugah hati atau menimbulkan rasa penasaran para penikmatnya untuk mencari tahu siapa penciptanya.
  • 8. Eric Ariyanto
Seni menurut pendapat Eric Ariyanto adalah kegiatan atau aktivitas rohani (batin) yang direfleksikan dalam bentuk karya yang mampu menciptakan timbulnya rasa penasaran dan ketertarikan orang lain untuk mendengar atau melihatnya.
  • 9. Ensiklopedi Indonesia
Seni merupakan sebuah karya cipta dari segala hal yang mengandung unsur keindahan, sehingga mampu membuat orang yang melihat atau mendengarnya menjadi senang atau bahagia.


Cabang-Cabang Seni

Berikut merupakan cabang-cabang dan jenis-jenis seni beserta pengertian, ciri-ciri, fungsi, dan contohnya lengkap.

Seni Rupa



Cabang seni yang pertama adalah seni rupa. Definisi dan pengertian seni rupa adalah salah satu cabang seni yang nilai keindahannya bisa dinikmati dengan indra penglihatan dan indra peraba. Beberapa jenis seni rupa misalnya seni lukis, seni pahat, seni ukir, dan sebagainya.
Seni rupa bisa berupa seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Jenis seni rupa juga bisa diklasifikasi menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan. Yang termasuk contoh karya seni rupa misalnya adalah lukisan, patung, pahat, relief, arsitektur, pakaian, dan lain-lain.

Seni Musik



Seni musik merupakan salah satu cabang seni yang menggunakan media bunyi sebagai sarana pengungkapan ekspresi senimannya. Beberapa unsur-unsur seni musik antara lain adalah melodi, ritme, nada, irama, tangga nada, dan lain-lain.
Seni musik bisa dihasilkan dengan bantuan alat musik seperti gitar, piano, drum, trumpet, biola, seruling, dan lain-lain. Musik yang dihasilkan pun bisa dibagi menjadi berbagai genre, sebut saja seperti pop, rock, R&B, hip hop, jazz, reggae, blues, dangdut, keroncong, dan sebagainya.

Seni Tari



Berikutnya adalah juga cabang seni tari. Adapun pengertian seni tari merupakan seni yang diwujudkan melalui gerak, ruang, waktu, irama, wirasa, wiraga, dan susunan unsur gerakan anggota tubuh secara teratur sehingga menimbulkan gerakan yang indah dan dapat dinikmati.
Seni tari bisa berupa tari tradisional atau tari modern. Contoh tari-tarian yang tereknal misalnya adalah tari tradisional seperti tari kecak, tari piring, tari remo, tari tor-tor, tari pendet, tari jaipong, atau bisa juga tari modern seperti breakdance dan k-pop dance.

Seni Sastra



Cabang seni yang terakhir adalah seni sastra. Yang dimaksud seni sastra merupakan cabang seni yang lahir dari ide dan gagasan manusia yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Seni sastra menggunakan rangkaian kata-kata membentuk suatu tulisan yang dapat dinikmati oleh pembacanya.
Yang termasuk contoh seni sastra misalnya adalah puisi, prosa, syair, cerpen, novel, dan karya sastra lainnya. Untuk bisa membuat seni sastra dibutuhkan kemampuan untuk merangkai kata sesuai unsur-unsur dan kaidah kebahasaan yang disepakati.

Seni Teater



Seni teater merupakan cabang seni yang menggabungkan unsur-unsur seni lainnya sebagai wujud visualisasinya. Sebutan lain dari seni teater adalah seni drama. Pertunjukan teater pun menjadi wujud ekspresi yang melibatkan unsur dialog, monolog, gerakan, dan plot cerita tertentu.


Fungsi Seni Bagi Individu

Untuk individu fungsi seni lebih sebagai alat untuk pemenuhan kebutuhan mereka.
Manusia adalah makhluk yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan diri sendiri dan memenuhi kebutuhan diri sendiri. Selain itu manusia juga kerap mencurahkan emosi dan juga perasaannya melalui sebuah seni yang menggambarkan keadaanya, atau menggambarkan imajinasinya. Dari hasil mencurahkan imajinasi dan emosinya ini manusia kaan menciptakan sebuah seni yang bisa berharga.

Fungsi Seni Bagi Sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang kehidupannya tidak jauh dari interaksi dengan orang lain dan lingkungan. Fungsi seni bagi sosial sendiri lebih sebagai media untuk memenuhi kebutuhan sosial tersebut.
  • 1. Seni sebagai media kepercaaan
Fungsi seni sebagai media kepercayaan adalah dalam menyampaikan pesan religi kepada manusia. Hal ini bisa kita lihat dari busana atau pakaian, upacara pernikahan, kematian, lagu rohani, kaligrafi, dan masih banyak lagi. Contoh fungsi seni sebagai media kepercayaan adalah Candi Borobudur, dan relief-relief lainnya yang merupakan ilustrasi dari kitab suci suatu agama.
  • 2. Seni sebagai media pendidikan
Fungsi seni sebagai media pendidikan juga sangat penting. Melalui seni, seseorang dapat belajar tentang nilai-nilai dan ilmu pengetahuan dengan cara yang lebih menyenangkan lagi. Sehingga untuk menangkap sebuah informasi menjadi lebih mudah.
  • 3.Seni sebagai media hiburan
Fungsi seni sebagai media hiburan di sini lebih banyak di dunia hiburan. Dunia hiburan mulai hiburan musik, hingga hiburan visual, atau hiburan audio visual memiliki seni yang berfungsi untuk membuat sebuah tontonan atau pertunjukan yang menarik khalayak.
  • 4. Seni sebagai media informasi
Hampir sama dengan fungsi seni sebagai media hiburan, fungsi seni sebagai media informasi juga tidak jauh dari karya audio visual yang memberikan informasi yang menarik. Dengan seni, informasi akan lebih mudah di terima oleh orang lain.
  • 5. Seni sebagai media kesehatan
Di zaman modren ini, banyak sekali seniman yang menciptakan seni yang membuat diri kita merasa nyaman bahkan lebih tenang ketika melihat, mendengar, atau merabanya. Contohnya saja, seni musik dapat menyembuhkan penyandang autisme, gangguan psikologis dari sebuah trauma kejadian.


Hubungan seniman dan masyarakat

Sebagai warga masyarakat seniman mendapatkan bahan dan inspirasi yang tak kunjung habis dari masyarakatnya untuk menghasilkan ciptaanya. Seniman harus tangkas dan pandai mengambil kesimpulan dari gejolak hidup masyarakatnya.Seniman merupakan tokoh masyarakat yang dengan ciptaanya dapat merangsang, menggairahkan atau mengobarkan semangat masyarakat mencapai suatu tujuan dan sebaliknya, dengan ciptaanya seniman dapat mengurangi, menghentikan dan menghilangkan gejala kurang baik yang terjadi didalam masyarakat.

Hubungan seniman dan karya seni

Kita pada umumnya telah mengetahui bahwa seniman merupakan orang yang berjiwa seni dan berbakat seni yang berhasil atau mampu menciptakan hasil seni. Karya seni atau hasil seni yang diciptakan seniman dapat dibedakan antara lain sebagai berikut :
  • Komponis : Pencipta lagu yang berhasil secara musikal.
  • Sastrawan : Pencipta atau pengarang hasil susastra.
  • Pelukis : Pencipta seni dalam bentuk lukisan.
  • Penyair : pencipta syair atau gubahan berbentuk puisi.
  • Pematung : Pencipta seni dalam bentuk patung maupun relief.



Demikian Pengertian seni dan cabang seni serta proses penciptaan seni semoga bermanfaat.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Seni
  • pengertian seni secara umum
  • pengertian seni menurut para ahli
  • pengertian seni brainly
  • pengertian seni rupa
  • pengertian seni budaya
  • pengertian seni musik
  • pengertian seni tari
  • pengertian seni lukis

Post a comment for "Pengertian Seni Adalah - Menurut Para Ahli, Cabang-Cabang Seni, Berserta Fungsi Seni Bagi Individu dan Sosial"

Loading...
loading...