Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Kain Tapis, Kain Tradisional Dari Lampung


Cintaindonesia.web.id - Kain Tapis adalah salah satu kain tradisional yang berasal dari Provinsi Lampung. Kain Tapis ini merupakan produk tradisional Lampung dengan pola motif khusus yang berasal dari benang emas atau perak. Bahan dasar Kain Tapis ini adalah dari benang kapas yang ditenun secara tradisional. Motif-motif dekorasi benang emas atau perak ini dibuat dengan teknik sulam tradisional atau yang dalam bahasa setempat adalah cucuk tradisional atau teknik bordir (modern). Kain ini biasanya digunakan oleh kaum perempuan sebagai penutup tubuh pada bagian bawah, yaitu dari pinggang sampai mata kaki.

Motif-motif yang diaplikasikan pada kain tapis umumnya mengangkat tema alam, terutama tema flora dan fauna. Ada pula kain tertentu yang mengangkat dari kehidupan rumah tangga seperti pada kain tapis cucuk andak. Selain itu juga terdapat perbedaan motif yang dipengaruhi asal daerahnya, seperti pada tapis pepadun, tapis peminggir, tapis liwa, dan juga tapis abung. Motif pada tapis peminggir (pesisir) lebih dominan mengangkat flora, sementara pada motif tapis pepadun (pedalaman) lebih cenderung sederhana dan kaku.

Proses Pembuatan Kain Tapis

Proses pembuatan kain tapis tradisional ini terbilang rumit dan harus dikerjakan secara manual, sehingga dalam pengerjaannya dapat memakan waktu hingga berminggu-minggu. Hal tersebut membuat kain tapis ini memiliki harga yang relatif mahal.

Kisaran dari harga kain tapis tradisional amat bervariasi, tergantung dari kerumitan motif, proporsi penggunaan benang emas, dan juga umur kain tersebut. Kain tapis sulam produksi baru biasanya berkisar pada angka jutaan rupiah. Jika telah berumur puluhan tahun, sehelai kain tapis dapat berharga ratusan juta rupiah dan menjadi benda koleksi.

Seiring dengan perkembangan zaman, muncul berbagai macam varian kain tapis yang dibuat dengan teknik bordir menggunakan mesin. Kain tapis bordir ini bisa diproduksi secara massal dan dengan waktu pengerjaan yang lebih singkat.

Teknik dalam bordir juga terbagi menjadi 2 (dua), yaitu teknik bordir secara manual dan juga bordir dengan komputer. Dari segi harga, tapis bordir secara manual dihargai lebih tinggi dibandingkan dengan tapis bordir modern. Hal tersebut terkait tingkat kerumitan pengerjaannya.


Patut Kamu Baca:

Post a Comment