Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Kain Tenun Dari Maluku Artikel Lengkap


Cintaindonesia.web.id - Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Provinsi Maluku juga menyimpan berbagai macam tradisi yang menjadi warisan kekayaan budaya Indonesia. Salah satu tradisi yang dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Maluku, adalah kegiatan membuat tenunan.

Kain tenun Maluku ini memang mempunyai makna filosofis tersendiri. Jangan heran, jika harga dari selembar kain tenun ini cukup mahal, tidak dikarenakan lama proses pengerjaannya, namun pada awalnya kain tenun ini memang tidak ditujukan untuk dijual. Kain tenun Maluku ini biasanya menjadi mas kawin yang diberikan oleh keluarga lelaki kepada pihak perempuan. Untuk selanjutnya kain tenun ini di simpan dan hanya dijual jika benar-benar membutuhkan uang.

Proses produksi dari kain tenun ini juga tidak memakai alat modern, yaitu hanya menggunakan pemintal tradisional dengan menggunakan benang dari kapas. Pada pewarnaannya juga tidak menggunakan pewarna buatan, melainkan hanya menggunakan pewarna alami yang berasal dari akar kayu dan juga dedaunan.



Patut Kamu Baca:

Post a Comment