Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Rancak Denok, Tarian Tradisional Dari Jawa Tengah

Tari Rancak Denok, Tarian Tradisional Dari Jawa Tengah

Cintaindonesia.web.id - Tari Rancak Denok adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Tarian ini terinspirasi dari seni topeng. Topeng dalam tataran kebudayaan nusantara mempunyai sejarah yang panjang, perkakas ini telah ada sejak zaman pra sejarah. Guratan wajah, warna, dan juga bentuk topeng menyimbolkan berbagai macam sifat manusia, yang angkuh, baik, penipu, Sampai yang bijaksana. Seni topeng ini berpengaruh besar pada lahirnya berbagai kesenian pertunjukkan kontemporer Indonesia.

Sebagai garapan kreasi, tari Rancak Denok ini mengambil ide dari berbagai kesenian tari yang menggunakan topeng sebagai propertinya, seperti kesenian tari Betawi dan Jawa Barat, serta tidak lupa menggunakan unsur Jawa dan juga Tiongkok sebagai ruh di dalam tarian.

Secara etimologi, nama Rancak Denok ini berasal dari dua kata, yakni Rancak dan Denok. Kata rancak mempunyai arti cepat dan dinamis, sedangkan kata denok sepadan maknanya dengan perempuan. Secara harfiah, nama Rancak Denok ini dapat diartikan sebagai tari kreasi Semarangan yang ditarikan oleh para perempuan secara cepat dan juga dinamis dengan menggunakan properti utama yaitu topeng.

Pertunjukan Tari Rancak Denok
Pertunjukan Tari Rancak Denok

Para penari Rancak Denok umumnya berjumlah 6 (enam) orang. Namun jumlah tersebut bukanlah aturan yang baku, mengingat jumlah para penari dapat ditambah atau dikurangi disesuaikan dengan kebutuhan dan juga besar kecilnya panggung.

Dari segi busana, para penari Rancak Denok ini mengenakan kebaya yang berwarna terang dan dilengkapi dengan kain jarik semarangan. Sementara itu bagian kepala dibuat konde dengan hiasan bunga yang memperkental pengaruh dari Tiongkok dalam busana para penari. Setiap para penari memegang topeng sebagai properti utama didalam menarikan tarian Rancak Denok.

Tari Rancak Denok ini diiringi oleh musik Gambang Semarang. Sama halnya dengan musik Gambang Keromong Betawi, pada gambang Semarang ini kreasi musiknya juga ditentukan dari pemain salendro. Namun sebagai garapan kreasi, tari Rancak Denok ini lebih sering diiringi oleh musik gambang secara digital dari pada secara langsung, mengingat iringan musik pada tarian ini hanya menjadi pelengkap saja dan tidak menjadi satu bagian yang utuh dalam tarian.


Patut Kamu Baca:

Post a Comment