Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Kain Cual, Kain Tradisional Dari Bangka Belitung

 
Cintaindonesia.web.id - Kain Cual adalah salah satu kain tradisional yang berasal dari Bangka Belitung. Asal muasal dari Kain Cual ini sendiri berasal dari kain songket Palembang. Awal mula perkembangan Kain Cuak ada di Kota Muntok, Provinsi Bangka Belitung, disekitar abad ke-17. Kain Cual ini pertama kali diperkenalkan oleh kakek buyut dari pendiri toko Kain Cual Ishadi yang berada di Pangkal Pinang. Seiring dengan berjalannya waktu, Kain Cual mulai dikenal oleh masyarakat sebagai kain khas dari Provinsi Bangka Belitung.

Motif Kain Cual

Kain cual memiliki beberapa macam motif, seperti motif kembang gajah, bunga cina, naga bertarung, dan juga burung hong. Beberapa motif kain cual ada yang dibuat dengan memakai benang sutra dan bahkan ada juga yang dibuat dengan benang emas 18 karat.

Harga jual dari kain cual ini sangat bervariasi. Mulai dari harga Rp50.000 sampai jutaan rupiah. Harga ini tergantung dari motif dan juga bahan kain. Jenis kain yang paling mahal adalah kain songket cual. Harga sehelai dari kain ini dapat mencapai Rp15 juta.

Berkunjung ke provinsi ini dapat ditemukan beberapa toko-toko yang khusus menjual kain cual. Salah satunya ialah Toko Kain Cual Ishadi. Toko yang terletak di Jalan Ahmad Yani No. 46, Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, ini, pengunjung dapat melihat-lihat aneka jenis dari kain cual. Salah satu kain cual yang dipajang disini konon telah berusia ratusan tahun. Kain ini merupakan milik kakek buyut dari pemilik toko, yang juga memperkenalkan kain cual kepada masyarakat Bangka Belitung.



Patut Kamu Baca:

Post a Comment