Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Rujak Soto, Makanan Khas Banyuwangi Jawa Timur



Cintaindonesia.web.id Banyuwangi selain kental dengan nuansa budayanya, dikenal juga sebagai daerah dengan banyak kuliner khas, salah satunya adalah rujak soto. Rujak soto sendiri merupakan kuliner dengan perpaduan antara rujak dan soto. Rujak dibuat dari bahan dasar berupa sayur mayur dan juga beberapa buah-buahan lokal. Cara pembuatan dari rujak soto yang sangat sederhana, membuat masyarakat Banyuwangi selalu menjadikan kuliner ini sebagai santapan yang selalu ada saat berkumpul dengan keluarga.

Hal pertama kali yang dilakukan dalam meracik rujak soto yaitu dengan membuat bumbu rujak. Bumbu rujak ini dibuat dari bahan-bahan seperti kacang tanah, gula merah, yang dicampur dengan garam secukupnya. Cita rasa khas Provinsi Jawa Timur belum terasa lengkap bila belum ditambahkan petis dan juga asam pada pembuatan bumbu rujak.

Setelah bumbu rujak sudah siap, maka hal yang dilakukan kemudian adalah mencampurkannya dengan bahan-bahan rujak, seperti daun kangkung yang sudah direbus, potongan kacang panjang, dan sayuran lainnya. Bahan pelengkap lainnya berupa potongan tempe goreng dan tahu.

Rujak Soto

Rujak yang sudah dibuat lalu disiram dengan kuah soto. Tidak jauh berbeda dengan kuah soto pada umumnya yang ada di Indonesia, kuah soto juga terbuat dari rempah-rempah seperti kunyit, jahe, merica, bawang putih, dan juga kuah yang berasal dari rebusan daging sapi. Kuah soto lalu disiramkan ke rujak yang sudah jadi sebelumnya, dan rujak soto pun sudah siap untuk dinikmati.

Penjual rujak soto sendiri banyak dijumpai di jalan-jalan Kota Banyuwangi. Dengan harga yang terjangkau, rujak soto menjadi makanan yang meriah disajikan ketika kumpul bersama dengan keluarga. Sensasi makan rujak dengan kuah soto merupakan pengalaman yang menarik dan hanya bisa didapat di Banyuwangi, kabupaten yang sangat kental dengan kebudayaannya dan kaya akan kulinernya.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment