Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Wisata Gunung Bromo di Provinsi Jawa Timur


Cintaindonesia.web.id Melihat keindahan matahari terbit dari ufuk timur di Gunung Bromo secara perlahan-lahan, mungkin menjadi satu anugrah yang tidak terhingga indahnya. Paduan warna kuning, oranye, hitam dan juga biru yang dihasilkan oleh fenomena alam ini sungguh menjadi pemandangan yang sangat menarik tersaji bagi mata kita yang melihatnya.

Keindahan Gunung Bromo yang berada didalam Kawasan Gunung Semeru memang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Gunung ini dianggap suci oleh masyarakat Tengger, yaitu suku yang mendiami wilayah Gunung Bromo. Nama Bromo ini sendiri diambil dari nama dewa utama umat hindu yakni Brahma.

Melakukan perjalanan menuju ke Gunung Bromo, kaki kita akan disambut dengan kawah pasir yang terbentang sepanjang kawasan salah satu gunung di Provinsi Jawa Timur ini. Jika kita melakukan perjalanan menuju Bromo dipagi hari, kita akan disajikan dengan warna-warna indah berasal dari pasir yang terkena pantulan sinar sang surya. Pasir-pasir disini juga seolah berbisik ketika tersapu oleh tiupan angin yang berhembus tenang ketika pagi menyapa.

Suasana di Gunung Bromo

Sambil berjalan, kita dapat melihat beberapa bangunan yang berdiri disekitar kawasan ini. Salah satunya yaitu bangunan Poten. Bangunan kokoh yang berdiri ditengah lautan pasir ini menjadi tempat beribadah yang dipakai masyarakat Suku Tengger. Arsitektur bergaya Hindu Bali sangat melekat di bangunan ini. Disetiap gerbang pintunya di jaga oleh patung dengan bentuk singa yang terlihat seperti sedang menyeringai. Patung-patung tersebut dimaksudkan untuk mengusir roh-roh jahat yang akan menggangu di kawasan Gunung Bromo.

Bukan hanya menjadi lokasi wisata, Gunung Bromo juga menjadi tempat digelarnya ritual keagamaan bagi umat hindu. Salah satu ritual yang digelar Suku Tengger disini setiap tahunnya yaitu ritual Yadnya Kasada. Pada ritual ini, Masyarakat Suku Tengger mempersembahkan sesajian berupa binatang ternak dan juga makanan untuk para dewa-dewa yang mendiami gunung-gunung yang berada dikawasan ini seperti Gunung Semeru, Batok, Bromo dan juga Pananjakan.

Berada di Kawasan Gunung Bromo serta menyaksikan keindahan alam yang disajikan disini memang menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Pasir yang eksotis, sunrise yang sangat indah dan berinteraksi dengan masyarakat Suku Tengger tentunya akan membuat perjalanan menelusuri Kawasan Gunung Bromo ini terasa begitu menyenangkan.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment