Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Keciput, Makanan Khas Situbondo Jawa Timur



Cintaindonesia.web.id kriuk..kriuk.. kriuk.., mungkin begitulah sensasi pertama yang kita rasakan ketika mencoba kuliner yang satu ini. Keciput namanya, ini bukanlah hewan kecil sejenis kerang yang biasa ada di sawah, melainkan kuliner khas Kabupaten Situbondo.

Keciput mempunyai bentuk yang lonjong dan sedikit memanjang. Makanan yang berwarna kecoklatan ini diberi taburan wijen dibagian atasnya yang memberikan nuansa gurih pada rasa keciput. Perpaduan rasa manis dan gurih menjadi satu saat masuk ke mulut kita.

Keciput

Makanan ini mempunyai bahan dasar tepung ketan, gula pasir, dan telur yang diaduk menjadi satu sampai membentuk adonan yang mudah untuk dipulung. Sesudah adonan jadi, barulah dibentuk lonjong-lonjong sesuai dengan selera. Terakhir, sebelum digoreng adonan tersebut akan digulingkan terlebih dahulu diatas biji wijen.

Keciput banyak ditemui di pasar-pasar tradisional ataupun di toko oleh-oleh yang ada di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Harganya yang terjangkau menjadikan makanan ini sering dijadikan oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Makanan ini sangat pas dinikmati ketika santai dengan secangkir kopi ataupun teh hangat.



Patut Kamu Baca:

Post a Comment