Wednesday, 13 June 2018

Makanan Khas Jawa Timur yang Terkenal dan Populer

loading...

Di pulau yang mempunyai luas 47.922 kilometer persegi, Provinsi Jawa Timur tidak hanya mempunyai wisata alam yang sangat menarik, namun juga makanan nikmat yang wajib untuk kamu coba. Makanan khas Provinsi Jawa Timur umumnya dikenal dengan memakai terasi dan juga petis sebagai pemberi rasa dimasakan.

Makanan khas Provinsi Jawa Timur juga cenderung mempunyai rasa pedas. Dari sekian banyaknya kuliner khas Provinsi Jawa Timur, Inilah 7 Kuliner khas Provinsi Jawa Timur yang nikmat dan sering kamu jumpai.

1. Pecel

Pecel

Bahan utama pada makanan khas ini yaitu beberapa jenis sayur rebus seperti kacang panjang, kangkung, irisan timun, kol, dan tauge. Semua bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan sambal kacang. Untuk semakin nikmat dinikmati dengan rempeyek.

Di Jawa Timur ada beberapa kota yang memiliki nasi pecel yang sangat enak dan dengan ciri khasnya masing-masing, seperti halnya di Kediri, Madiun, dan juga Blitar. Umumnya makanan pecel ini sangat cocok dimakan dipagi hari atau di makan malam hari.

2. Rawon

Rawon

Ciri khas pada masakan ini yaitu kuahnya yang berwarna hitam pekat yang didapati dari pemakaian kluwek. Beberapa bahan bumbu yang digunakan yaitu bawang putih, bawang merah, ketumbar, lengkuas, kunir, serai, kluwek, lombok, garam, dan lain sebagainya.

Selain terkenal di Kota Surabaya, makanan rawon Pasuruan juga tidak kalah enaknya dengan sate komoh untuk pelengkap.

3. Rujak Cingur

Rujak Cingur

Salah satu kuliner khas dari Kota Surabaya ini memang sangat mantap untuk dijadikan menu makan disiang hari. Nama dari makanan rujak Cingur ini sendiri adalah memakai salah satu bahan utamanya yaitu irisan dari daging mulut (cingur) sapi.

Rujak cingur umumnya terdiri dari beberapa irisan buah seperti halnya buah bengkuang, timun, nanas, yang kemudian dicampur dengan lontong atau nasi, tempe, tahu, sayuran, cingur, dan terakhir yaitu disiram dengan saus dari olahan petis udang dan juga bumbu lainnya.

4. Rujak Soto

Rujak Soto

Apakah kamu baru mengetahui tentang makanan rujak soto khas Banyuwangi ini? Makanan khas satu ini memang menggabungkan antara 2 jenis makanan yaitu soto kuning dengan rujak. Tanpa dicampur pun kedua makanan tersebut memanga sudah sangat menggoda dan juga enak, apalagi digabung pastinya rasa makanan tersebut makin maknyus.

5. Soto

Soto

Soto memanglah makanan khas populer di Indonesia yang sudah banyak tersebar hampir diseluruh daerah. Hal yang menjadikan soto Jawa Timur ini berbeda dengan soto di daerah lainnya yaitu soto Lamongan yang sangat terkenal dengan koya dan soto dok Jombang dengan kuahnya yang bening dan tidak teralu kental.

Bumbu kuah inilah kunci utamanya sampai soto khas Jawa Timur ini terasa lebih lezat dan juga lebih lengkap dari kebanyakan soto lainnya. Karena, kuah tersebut terbuat dari bumbu yang terdiri dari berbagai macam bahan, seperti jinten, ketumbar, bawang merah, sere, jahe, bawang putih, merica, lengkuas, garam dan juga kemiri dengan pelengkapnya yaitu bawang goreng.

6. Tahu Campur

Tahu Campur

Makanan khas satu ini terdiri dari bahan, seperti tauge, selada, mie kuning, lontong, tahu goreng, serta potongan lentho singkong yang menyatu ke dalam kuah kaldu yang berisikan tetelan sapi yang gurih.

Makanan khas dari Surabaya, Lamongan, dan juga Magelang ini mungkin sekilas hampir mirip dengan ketupat tahu yang sangat populer di daerah Provinsi Jawa Tengah.

7. Pecel Lele

Pecel Lele

Terkenal di daerah Lamongan Jawa Timur, makanan khas satu ini memang cocok dalam menggambarkan kuliner pedas khas Provinsi Jawa Timur. Sekilas makanan ini memang terlihat biasa saja, namun yang spesialnya dari makanan khas ini ada pada sambalnya. Kamu tidak perlu khawatir jika tidak suka dengan lele, disetiap warung pecel lele umumnya akan menjual berbagai macam lauk lainnya.



Mungkin Yang Kamu Cari:

Artikel Terkait