Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Setu Babakan, Tempat Wisata Budaya Betawi di Jakarta


Cintaindonesia.web.id - Di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, ada sebuah perkampungan Betawi yang masih dijaga kelestariannya sampai saat ini. Perkampungan budaya Betawi lengkap dengan rumah-rumah Adat Betawi ini dikelilingi 2 (dua) buah danau buatan, yakni Setu Babakan dan Situ Mangga Bolong. Setu Babakan mempunyai luas sekitar 30 hektare dengan kedalaman sekitar 1 sampai 5 meter. Air danau ini masih sangat bersih dan juga terawat, serta sekelilingnya dihiasi oleh rerimbun pepohonan.

Semenjak Setu Babakan diresmikan sebagai Perkampungan Budaya Betawi ditahun 2004, setu ini kemudian melengkapi dirinya dengan wahana wisata air. Cukup dengan membayar Rp7.000, para pengunjung sudah dapat berkeliling menikmati keasrian Setu Babakan sambil menggowes perahu bebek. Selain itu, dikawasan yang menjadi salah satu cagar budaya Betawi ini juga sering mengadakan sebuah pertunjukan kesenian Betawi seperti gambang keromong dan lenong.

Suasana di Setu Babakan

Memancing merupakan alternatif kegiatan lain yang dapat dilakukan di Setu Babakan. Apalagi, setu ini juga dikelilingi pepohonan asri yang teduh untuk dijadikan sebagai lokasi memancing. Yang menarik lagi, pepohonan disini merupakan berbagai pohon buah khas Betawi, seperti pohon kecapi, buah buni, pohon melinjo, dan pohon buah-buahan lain yang semakin sulit ditemui di Kota Jakarta.

Sambil memancing, para pengunjung juga dapat menyaksikan kegiatan para penambak ikan air tawar disekitar Setu Babakan. Berbagai ikan air tawar seperti ikan lele dan ikan mas dibudidayakan di danau yang airnya bersumber dari Kali Ciliwung ini. Bila anda lelah, ada berbagai pendopo tempat istirahat lengkap dengan berbagai macam menu makan dan minuman khas Betawi, seperti bir pletok dan gado-gado. 

Setu Babakan ini selalu ramai dikunjungi setiap sore, terlebih diakhir pekan. Selain murah, Setu Babakan juga dianggap sebagai tempat yang sangat tepat untuk berwisata bersama keluarga dan juga melepas kepenatan. Di Setu Babakan, para pengunjung dapat berwisata sambil mengenal kekayaan budaya Betawi yang mulai tergerus oleh modernisasi.



Patut Kamu Baca:

Post a Comment