Thursday, 7 June 2018

Wisata Pendakian Gunung Merbabu di Jawa Tengah

loading...

Cintaindonesia.web.id - Gunung Merbabu dengan ketinggian 3.142 mdpl berada di 3 (tiga) Kabupaten yaitu Semarang, Boyolali dan Magelang. Gunung Merbabu sendiri merupakan gunung api tua yang bersebelahan dengan Gunung Merapi yang merupakan salah satu dari gunung api aktif.

Gunung Merbabu berasal dari kata Meru yang artinya gunung dan Babu yang artinya wanita. Gunung Merbabu dikenal sebagai gunung tidur walaupun sebenarnya mempunyai 5 (lima) buah kawah yakni Kawah Condrodimuko, Kombang, Rebab, Kendang, dan Kawah Sambernyowo.

Untuk mendaki Gunung Merbabu terdapat 4 (empat) jalur alternatif yang sering digunakan para pendaki, yang di antaranya adalah jalur Thekelan, Selo, Cunthel dan Wekas dengan jarak serta tingkat kesulitan berbeda-beda namun akan tetap mencapai satu puncak utama yang sama, yakni 3.142 mdpl.

Suasana di Gunung Merbabu

Gunung Merbabu mempunyai 7 (tujuh) puncak yang mempunyai keindahan panorama berbeda-beda dan bahkan dikagumi oleh para pendakinya. Dua puncak yang paling terkenal bagi para pendaki yakni Puncak Syarif yang berada pada ketinggian 3.120 m dpl serta Puncak Kenteng Songo dengan ketinggian 3.142 mdpl. Kedua puncak ini memiliki panorama alam yang berbeda-beda. Pada Puncak Kenteng Songo terdapat batu kenteng berlubang dengan jumlah 9 (sembilan) buah yang dikeramatkan oleh masyarakat.

Pendaki bisa menyaksikan keindahan sunrise (matahari terbit), lautan awan serta jajaran puncak gunung lainnya seperti Gunung Merapi, Sumbing, Lawu, Sindoro, dan lain sebagainya dari atas Puncak Merbabu.

Mengemban status sebagai kawasan di Taman Nasional, Gunung Merbabu ini memberikan nilai tambah sebagai lokasi kunjungan yang wajib untuk disambangi para pendaki gunung dan penikmat alam. Jadilah saksi mata keindahan alam Indonesia dengan cara menjadikan Gunung Merbabu ini menjadi tujuan petualangan Anda selanjutnya.



Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait