Tuesday, 17 July 2018

Kumpulan Motif Batik Tujuh Bulanan (Tingkeban)

loading...


Cintaindonesia.web.id - Upacara Tingkeban merupakan salah satu tradisi yang berasal dari masyarakat Jawa. Upacara ini disebut juga dengan nama mitoni yang berasal dari kata pitu yang artinya 7 (tujuh). Upacara ini dilaksanakan di usia kehamilan 7 bulan dan pada kehamilan pertama kali.

Upacara ini mempunyai makna bahwa pendidikan bukan saja sesudah dewasa, namun semenjak benih tertanam didalam rahim ibu. Di dalam upacara ini sang ibu yang sedang hamil akan dimandikan dengan air kembang setaman serta disertai dengan doa yang bertujuan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya selalu diberikan rahmat dan juga berkah sehingga bayi yang akan dilahirkan akan selamat dan sehat.

Dalam salah satu tata cara upacara tingkeban, calon Ibu akan berganti baju sebanyak 7 kali dengan diiringi pertanyaan. Namun tahukah anda jika kain yang dipakai di upacara berganti busana ini mempunyai beberapa motif yang keseluruhannya mempunyai maknanya tersendiri. Nah seperti apakah motif kain dan maknanya tersebut? berikut ini penjelasannya


1. Wahyu Temurun

Motif Wahyu Temurun ini maknanya adalah supaya bayi yang lahir nanti akan menjadi seseorang yang selalu mendekatkan diri kepada sang pencipta serta selalu mendapatkan perlindungannya.

2. Sido Asih

Motif Sido Asih ini maknanya adalah supaya bayi yang lahir nanti akan selalu mendapatkan cinta dan juga kasih kepada sesamanya serta mempunyai sifat belas kasih.

3. Sido Mukti

Motif Sido Mukti ini maknanya adalah supaya bayi yang lahir nanti akan mempunyai sifat berwibawa dan juga disegani oleh orang disekelilingnya.

4. Truntum

Motif Truntum ini maknanya adalah supaya keluhuran budi dari kedua orang tuanya akan menurun kepada sang bayi

5. Sido Luhur

Motif Sido Luhur ini maknanya adalah supaya bayi yang lahir nanti akan mempunyai sifat budi pekerti luhur dan juga sopan santun

6. Semen Romo

Motif Semen Romo ini maknanya adalah supaya bayi yang dilahirkan mempunyai rasa cinta kasih kepada sesama seperti cinta kasih Rama dan Sinta terhadap rakyatnya.

7. Sido Dadi

Motif Sido Dadi maknanya adalah supaya bayi yang dilahirkan nanti akan selalu sukses di dalam kehidupannya

8. Babon Anggrem

Motif Babon Anggrem maknanya adalah berisikan harapan supaya calon ibu bisa melahirkan secara normal dan juga lancar.

9. Sido Derajat

Motif Sido Derajat maknanya adalah supaya bayi yang dilahirkan nanti akan mendapat derajat yang baik di dalam kehidupnya.




Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait