Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Tea Eku Tarian Tradisional Dari Nagekeo, Flores, NTT

Cintaindonesia.web.id - Tarian satu ini merupakan salah satu tarian tradisional yang khas dari daerah Nagekeo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Namanya adalah Tari Tea Eku.

Apakah Tari Tea Eku itu?

Tari Tea Eku adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Nagekeo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tarian ini dimainkan oleh beberapa penari perempuan cantik yang menari dengan menggunakan sapu tangan/ kain kecil sebagai atribut menarinya. Tarian ini merupakan salah satu tarian yang cukup terkenal di daerah Nagekeo, NTT, dan sering ditampilkan di berbagai acara seperti upacara adat, penyembutan tamu penting dan acara budaya.

Asal Mula Tari Tea Eku

Sejarah tentang Tari Tea Eku ini masih belum diketahui secara pasti. Namun dari beberapa sumber yang ada, dikatakan bahwa tarian ini berasal dari daerah Boawae, Nagekeo, Flores, NTT. Tari Tea Eku dulunya sering ditampilkan di acara pesta adat masyarakat di sana. Nama Tari Tea Eku sendiri diambil dari kata “Tea” dan “Eku”. Tea berarti getar, hal ini bisa dilihat dari gerakan kaki penari yang mengetaran irama musik. Sedangkan Ekuberarti lambaian sapu tangan, hal ini bisa dilihat dari atribut yang mereka gunakan, yaitu sapu tangan.

Pertunjukan Tari Tea Eku

Dalam pertunjukannya, Tari Tea Eku ini biasa dimainkan oleh 4-6 orang penari perempuan. Dengan diiringi irama musik pengiring, para penari menari dengan gerakan yang anggun sembari memainkan sapu tangan mereka. Pertunjukan ini diawali dengan sapaan pendek yang disebut Bhea, kemudian dilanjutkan dengan lima gerakna utama penari. Setiap pergantian gerak tersebut, penari melakukan gerakan yang disebut Ji, dimana para penari mencari posisi yang ideal untuk pergantian gerak. Setelah gerakan utama selesai, kemudian diakhiri dengan lambaian tangan kepada para penonton sebagai penutup.

Pengiring Tari Tea Eku

Dalam pertunjukannya Tari Tea Eku ini biasanya diiringi oleh alunan musik tradisional seperti Gong Gendang. Alunan musik Gong Gendang ini biasanya disesuaikan dengan gerakan tari sehingga menghasilkan gerakan yang harmonis. Musik Gong Gendang tersebut biasanya dimainkan secara khusus yang sering disebut dengan Paka Tea Eko.

Kostum Tari Tea Eku

Dalam pertunjukan tersebut, penari terlihat cantik dengan busana khas Tari Tea Eku. busana tersebut terdiri dari baju berwarna hitam atau merah dan kain songket khas Nagekeo. Untuk bagian rambut biasanya hanya digelung dan diberi hiasan pita sebagai pemanis. Dan tidak lupa sapu tangan yang digunakan sebagai atribut menarinya.

Perkembangan Tari Tea Eku

Dalam perkembangannya, Tari Tea Eku ini masih terus dilestarikan dan dikembangkan oleh beberapa kelompok seniman disana. Berbagai variasi juga sering ditambahkan, agar terlihat lebih menarik di setiap penampilannya. Selain itu tarian Tari Tea Eku juga tidak hanya ditampilkan di acara pesta adat saja, namun juga berbagai acara seperti penyambutan, acara seni dan budaya.






Patut Kamu Baca:

Post a Comment