Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Sendratari Konga Raja Buaye, Kesenian Tradisional Dari Sumatera Selatan

Sendratari Konga Raja Buaye, Kesenian Tradisional Dari Sumatera Selatan

Cintaindonesia.web.id - Sendratari Konga Raja Buaye merupakan tarian kreasi yang diangkat dari sebuah legenda masyarakat di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan. Legenda tersebut menceritakan tentang seorang raja bernama buaya yang mengancam keberadaan masyarakat di sebuah dusun di Kabupaten Musi Rawas. Raja buaya ini merupakan jelmaan dari seorang puteri yang cantik.

Kemudian datanglah seorang pemuda yang memiliki wajah yang begitu tampan. Tanpa pertumpahan darah, sang raja buaya tersebut mampu ditaklukan oleh sang pemuda tesebut, sampai akhirnya masyarakat terbebas dari ancaman binatang buaya pemangsa.

Sendratari Konga Raja Buaye, Kesenian Tradisional Dari Sumatera Selatan
Sendratari Konga Raja Buaye

Dilihat dari segi kostum yang dikenakan, para penari dari sendratari Konga Raja Buaye ini dibagi atas 3 (tiga) kategori peran, yaitu masyarakat, para buaya, dan juga pasukan pemuda tampan. Penari yang memerankan masyarakat biasanya mengenakan pakaian tradisional perempuan khas Sumatera Selatan, sedangkan para buaya biasanya mengenakan topeng rupa buaya lengkap dengan lidah yang menjulur-julur, dan pasukan pemuda biasanya mengenakan pakaian tradisional laki-laki khas Sumatera Selatan, yakni baju kurung yang dilengkapi dengan ikat kepala.

Sementara itu dari segi musik yang mengiringi, sendratari ini biasanya diiringi oleh musik melayu khas Sumatera yang dihasilkan dari perpaduan berbagai macam alat musik, baik itu tradisional maupun modern. Alat musik tersebut diantara adalah seperti, gendang doll, perkusi, bass, akordian, gitar, drum, dan organ.

Sebagai pementasan tarian hasil adaptasi dari sebuah cerita legenda, kesenian sendratari Konga Raje Buaye ini tidak memiliki pakem gerak tarian. Gerak tari digunakan hanyalah ketika terjadi pertarungan diantara pasukan buaya dengan pasukan pemuda tampan. kesenian Sendratari Konga Raja Buaye hanya ingin menyampaikan sebuah pesan universal dari cerita legenda raja buaya, yakni apapun alasannya kekuatan jahat akan selalu dikalahkan dengan kekuatan baik.





Patut Kamu Baca:

Post a Comment