Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tifa Totobuang, Alat Musik Tradisional Dari Maluku

Tifa Totobuang, Alat Musik Tradisional Dari Maluku

Cintaindonesia.web.id Alat Tifa Totobuang adalah alat musik tradisional yang berasal dari Maluku. Alat musik sebenarnya berasal dari dua nama alat musik tradisional khas Maluku, yaitu tifa dan totobuang Tifa adalah alat musik pukul yang menyerupai gendang dan memiliki selaput pukul yang terbuat dari kulit. Alat musik ini memang telah dikenal sebagai alat musik asli Indonesia Timur dan sering ditemukan di Maluku serta Papua.

Alat musik Tifa ini terdiri dari beberapa jenis, seperti Tifa dasar, Tifa potong, tifa Jekir, Tifa Jekir Potong, dan Tifa Bas. Bermacam-macam jenis tifa ini sebenarnya dibedakan menurut ukuran, bentuk dan juga suara yang dihasilkan. Sedangkan alat musik Totobuang adalah alat musik melodis yang mempunyai nada-nada dan berbentuk seperti salah satu dari alat musik gamelan jawa. Totobuang ini pada dasarnya berbentuk seperti gong berukuran kecil dan tersusun dari beberapa ukuran dengan nada yang berbeda-beda.

Walaupun Tifa dan Totobuang ini adalah dua alat musik dengan latar belakang yang berbeda, tetapi jika keduanya digabungkan, maka akan menghasilkan sebuah perpaduan manis dan juga indah untuk didengar. Biasanya keduanya alat musik ini memang selalu dimainkan dalam satu harmonisasi bersama, karena itulah kolaborasi ini dinamakan dengan Tifa Totobuang. Masyarakat awam pun berpikir bahwa Tifa Totobuang ini adalah satuan alat musik yang tidak dapat terpisahkan.

Tifa Totobuang ini memang banyak dimainkan didalam acara-acara yang berbau Kristiani, tetapi setelah kerusuhan Ambon pecah diawal tahun 2000 masyarakat Maluku pun kemudian mengkolaborasikan kesenian ini dengan kesenian yang lebih bernuansa Islami. Kesenian yang berupa tarian tersebut adalah tari Sawat. Tarian Maluku yang sangat kental akan nuansa Islami dan Melayu ini merupakan sebuah warisan budaya dari para pedagang Arab yang pernah berdagang di Maluku.

Perpaduan kedua kesenian dengan latar belakang berbeda ini ternyata menjadi alternatif perekat kerukunan dari warga Maluku. Harmonisasi antara Tifa Totobuang serta Tari Sawat ini seperti menjadi sebuah simbol perdamaian dan juga harmonisasi didalam masyarakat Maluku yang majemuk.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment