Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Rondang Bulan, Tarian Tradisional Dari Tapanuli Selatan

Tari Rondang Bulan, Tarian Tradisional Dari Tapanuli Selatan

Cintaindonesia.web.id Tari Rondang Bulan adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Tarian ini merupakan tarian yang menggambarkan sebuah keceriaan gadis-gadis Mandailing. Ini terlihat dari ekspresi para penari yang mencerminkan keceriaan disepanjang tarian.

Tari Rondang Bulan di Tapanuli Selatan ini biasanya ditarikan dengan riang gembira dibawah pancaran sinar bulan purnama. Rondang Bulan ini sendiri dalam bahasa Tapanuli Selatan artinya "terang bulan".

Dalam pertunjukannya, Gerakan tari yang lincah dan juga sedikit riang terlihat dari tarian yang satu ini. Mimik-mimik wajah yang penuh dengan senyum tawa terlihat dari ekspresi wajah para penari yang menampilkan tari ini di atas panggung.

Di atas panggung, para penari Tari Rondang Bulan ini melakukan aksi gerakan-gerakan seperti melenggak-lenggok sambil sesekali membentuk lingkaran. Sambil mengitari lingkaran para penari tersebut menjentikan jari jemari dengan sesekali bertepuk tangan.


Patut Kamu Baca:

Post a Comment