Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Sumpit, Senjata Tradisional Suku Dayak

Sumpit, Senjata Tradisional Suku Dayak

Cintaindonesia.web.id Sumpit adalah salah satu senjata tradisional yang berasal dari Kalimantan. Selama ini Sumpit dikenal sebagai salah satu senjata tradisional yang sering dipakai oleh suku Dayak. Selain bahan pembuatannya yang berasal dari alam, senjata Sumpit ini juga memiliki keunggulan pada tingkat akurasi tembak yang mencapai sekitar 200 meter.

Dilihat dari bentuknya, sumpit ini memiliki bentuk bulat dengan panjang sekitar 1,5 meter sampai 2 meter dan berdiamter sekitar 2cm sampai 3 cm. Sementara itu jenis kayu yang digunakan untuk pembuatan senjata sumpit biasanya dari jenis kayu tampang, ulin, tabalien, plepek, dan juga kayu resak.

Perlombaan Senjata Tradisional Sumpit
Perlombaan Senjata Tradisional Sumpit

Di Kalimantan sendiri, senjata sumpit ini dijadikan sebagai ajang perlombaan. Seperti diacara Festival Erau, Tenggarong, Provinsi Kalimantan Timur, terdapat lomba sumpit yang membuat Festival Erau ini tambah meriah.

Tujuan dari digelarnya lomba sumpit ini adalah sebagai pelestarian kebudayaan suku Kutai dan juga Dayak yang tersebar diseluruh Kabupaten Kutai Kartanegara.

Selama ini, menyumpit telah menjadi tradisi sehari-hari bagi suku asli Kalimantan. Menyumpit ini sering dilakukan masyarakat di Kalimantan pada saat berburu binatang untuk konsumsi makan, seperti binatang babi dan hewan lainnya yang hidup di hutan.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment