Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Pedang Bara Sangihe, Senjata Tradisional Dari Sulawesi Utara

Pedang Bara Sangihe, Senjata Tradisional Dari Sulawesi Utara

Cintaindonesia.web.id Pada setiap wilayah di Indonesia mempunyai senjata tradisional yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Jika di Aceh mempunyai rencong dan Jawa Barat mempunyai kujang maka di Provinsi Sulawesi Utara ini mempunyai salah satu senjata tradisional yang bernama pedang bara Sangihe.

Pedang bara Sangihe ini dahulunya dikenal sebagai salah satu senjata yang dipakai oleh salah satu Pahlawan Sulawesi Utara yang bernama Hengkeng U Nang. Sejak kecil Hengkeng U Nang ini diketahui rajin mengasah keahliannya dalam bergulat dan juga ketangkasannya didalam bermain pedang bara.

Hengkeng U Nang yang berasal dari Timeno Kiawang Siau ini sangat dikenal mahir memainkan pedang bara. Bahkan pada saat berperang dia tidak jarang menggunakan pedang bara ini untuk melawan musuh-musuhnya. Pahlawan yang lahir di tahun 1590 ini bahkan pernah diangkat menjadi seorang Kontraktor Proyek Pembangunan Armada Angkatan Laut di tahun 1612.

Pedang bara Sangihe ini memiliki gagang 2 (dua) cabang. Tidak hanya pada gagangnya, pada ujung dari pedang bara juga memiliki 2 (dua) cabang yang diantara kedua cabang tersebut terdapat gerigi-gerigi. Pedang bara Sangihe ini menjadi salah satu senjata tradisional kebanggaan dari masyarakat Sulawesi Utara dan juga menjadi salah satu kekayaan kebudayaan yang dimiliki Negara Indonesia.



Patut Kamu Baca:

Post a Comment