Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Pecel Semanggi Makanan Tradisional Dari Surabaya, Jawa Timur

Cintaindonesia.web.id Makanan tradisional satu ini merupakan makanan jenis pecel berbahan dasar daun semanggi yang khas dari Surabaya. Namanya adalah Pecel Semanggi


Apakah Pecel Semanggi itu?

Pecel Semanggi adalah makanan tradisional dari Surabaya sejenis pecel yang terbuat dari daun semanggi. Walaupun merupakan jenis makanan pecel namun bahan dan rasaya berbeda dengan pecel pada umumnya. Karena menggunakan bahan dasar daun semanggi dan bumbu yang digunakan terbuat dari ketela rambat sehingga memiliki cita rasa yang khas. 

Selain di Surabaya, Pecel Semanggi juga terdapat di daerah lain di Jawa Timur, seperti di Banyuwangi dan Kediri. Namun yang membedakan adalah dari bumbu dan bahan pelengkapnya. Jika kebanyakan pecel menggunakan bumbu kacang, maka berbeda dengan Pecel Semanggi Surabaya yang menggunakan ketela rambat sebagai bahan dasarnya. Sehingga memiliki rasa dan tekstur yang sangat berbeda. Selain itu, pecel Surabaya juga di tambahakan bahan seperti kecambah dan kerupuk puli/ kerupuk beras.

Asal Mula Pecel Semanggi

Walaupun merupakan makanan tradisional khas Surabaya, namun makanan ini tidak mudah untuk ditemukan di semua tempat di Surabaya karena kebanyakan dari mereka menjajakan Pecel Semanggi dengan cara berkeliling dari satu tempat ke tempat lain. Namun  Pecel Semanggi ini bisa kita temukan di Desa Kedung, Kecamatan Benowo, Surabaya. Yaitu daerah pinggiran kota Surabaya yang berbatasan dengan Gresik, Jawa Timur. Disana terkenal dengan budidaya tanaman semanggi dan sebagian besar warganya berprofesi sebagai penjual Pecel Semanggi. Di Surabaya sendiri, penjual semanggi ini sangat mudah kita kenali, dengan berpakaian kebaya dan jarit mereka menjual Pecel Semanggi dengan cara berkeliling menggendong bakul yang berisi dagangan mereka.

Pembuatan Dan Penyajian Pecel Semanggi

Pecel Semanggi ini dibuat dari bahan dasar seperti semanggi, kecambah dan kangkung. Pada proses pembuatannya, bahan dasar tersebut dibersihkan terlebih dahulu lalu di rebus lalu disajikan. Dalam penyajiannya, Pecel Semanggi ini biasanya disajikan menggunakan pincuk yang terbuat dari daun pisang. Bahan yang sudah direbus tadi kemudian siapkan ke dalam pincuk lalu disiram siram dengan saus bumbu khusus. Saus bumbu yang digunakan ini terbuat dari bahan seperti ketela rambat, kacang, gula merah dan lain – lain. Setalah itu sebagai pelengkap ditambahkan juga krupuk puli atau kerupuk beras.

Cita Rasa Pecel Semanggi

Pecel Semanggi ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Selain dari bahannya, bumbu yang digunakan pun berbeda dengan bumbu pecel pada umumnya. Rasa bumbu Pecel Semanggi ini pada dasarnya didominasi rasa manis karena merupakan hasil perpaduan rasa ketela, kacang dan gula jawa. Selain itu bumbu Pecel Semanggi ini memiliki tekstur yang lebih lembut. Namun bagi anda penikmat makanan pedas, penjual Pecel Semanggi biasanya juga menyediakannya dengan penambahan cabai dan bumbu petis.

Perkembangan Pecel Semanggi

Dalam perkembanganya Pecel Semanggi ini jarang untuk bisa kita temukan di kota Surabaya. Namun penjual Pecel Semanggi ini sangat mudah kita temukan di Kecamatan Benowo, Surabaya. Kebanyakan dari mereka menjajakan dagangannya dengan cara berkeliling dari desa ke desa pada pagi hari sampai siang hari. Bagi anda yang berkunjung ke Surabaya, Pecel Semanggi ini tentu sangat cocok untuk di jadikan pilihan bagi anda untuk menikmati makanan tradisional yang ada disana.





Patut Kamu Baca:

Post a Comment