Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Bandeng Asap Oleh – Oleh Khas Dari Sidoarjo, Jawa Timur

Cintaindonesia.web.id Makanan satu ini merupakan salah satu pengolahan ikan bandeng yang khas dari Sidoarjo, Jawa Timur. Namanya adalah Bandeng Asap.

Apakah Bandeng Asap itu?

Bandeng Asap adalah makanan khas yang berbahan dasar ikan bandeng yang dimatangkan dengan cara diasapkan. Proses pengasapan ikan bandeng ini dilakukan dengan cara khusus sehingga menghasilkan ikan bandeng yang gurih, tidak amis dan tidak gosong. Bandeng Asap ini merupakan salah satu makanan khas dari Sidoarjo, Jawa Timur. Selain menjadi makana  khas disana, Bandeng Asap juga bisa dijadikan sebagai sebagai oleh – oleh bagi anda yang berkunjung kesana.

Pengolahan Bandeng Asap

Ikan bandeng yang digunakan untuk Bandeng Asap memiliki ukuran tertentu. Karena apabila terlalu kecil maka akan mudah gosong, sebaliknya apa bila terlalu besar maka tingkat kematangan ikan kurang baik. Dalam proses pembuatannya, ikan bandeng terlebih dahulu dibersihkan sisik, isi perut, insang dan darahnya. Untuk membersihkan ikan bandeng ini dilakukan sampai benar benar bersih agar tidak berbau amis. Setelah ikan dibersihkan, kemudian ikan tersebut di rendam kedalam air garam selama kurang lebih 2 jam hingga garam meresap. Lalu setelah direndam kemudian dibersihkan lagi dengan air agar mengurangi kadar garam dan daging ikan tidak terlalu asin. Setelah itu kemudian ditiriskan sebentar dan ikan bandeng tersebut siap diasapkan.

Pada proses pengasapan ini biasanya menggunakan bara api yang disiram dengan serbuk kayu sehingga akan menghasilkan asap yang baik dan tidak terlalu sangit. Serbuk kayu yang digunakan pun juga khusus karena akan berpengaruh pada warna ikan. Pada pengasapannya, pada bagian perut ikan disangga dengan lidi, agar asapnya bisa masuk sampai ke bagian dalam ikan. Kemudian ikan bandeng tersebut diasapkan selama 3 jam sampai matang.

Cita Rasa Bandeng Asap

Untuk menikmatinya, Bandeng Asap yang sudah jadi bisa kita nikmati dengan sambal petis. Selain itu Bandeng Asap ini juga bisa kita olah sebagai hidangan lain, seperti digoreng, dimasak sayur dan lain – lain. Bandeng Asap ini memiliki cita rasa yang khas, selain rasanya yang gurih, Bandeng Asap juga memiliki tekstur yang lembut dan kenyal.  Selain itu, Bandeng Asap juga memiliki aroma yang sangat khas, namu tidak sangit dan tidak amis juga.

Perkembangan Bandeng Asap

Bandeng Asap ini merupakan salah satu pengolahan ikan bandeng yang cukup terkenal di Sidoarjo, Jawa Timur. Selain di jadikan menu makanan, Bandeng Asap ini juga dijadikan salah satu oleh – oleh khas dari Sidoarjo. Untuk Bandeng Asap yang dijadikan oleh – oleh biasanya merupakan Bandeng Asap yang masih fresh. Karena tidak menggunakan bahan pengawet, Bandeng Asap ini hanya bisa bertahan sebentar dan bila terlalu lama maka daging ikannya akan mengeras dan terlalu asin. Bagi anda yang berkunjung ke Sidoarjo, Bandeng Asap ini tentu sangat disarankan untuk dicicipi dan dijadikan oleh – oleh.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment