Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Taman Budaya Raden Saleh, Pusat Kesenian dan Kebudayaan di Semarang Jawa Tengah


Cintaindonesia.web.id - Berdirinya sebuah taman budaya di setiap daerah selain menjadikan tujuan wisata juga menjadi representasi ada atau tidak adanya seniman di kota tersebut. Bila di Jakarta ada pusat kebudayaan sekelas Taman Ismail Marzuki dan di Yogyakarta ada Taman Budaya Yogyakarta, maka di Semarang juga punya Taman Budaya yaitu Taman Budaya Raden Saleh.

Berada di pusat kota, yaitu tepatnya di Jalan Sriwijaya no 29, membuat Taman Budaya Raden Saleh Semarang ini mudah diakses. Selain lokasinya yang sangat strategis, taman budaya ini dipayungi oleh pepohonan besar yang membuatnya teduh.

Menurut sumber yang dapat dipercaya, dahulunya taman budaya ini adalah kebun binatang. Setelah kebun binatang tersebut dipindah, maka diubahlah menjadi taman budaya. Itulah yang menyebabkan kenapa taman budaya ini sebagian besar lokasinya masih berkontur tanah serta dipenuhi dengan pepohon.

Suasana di Taman Budaya Raden Saleh

Memasuki taman budaya tersebut, anda akan disambut dengan patung Raden Saleh yang sedang menggenggam kerisnya. Coretan-coretan tembok berupa seni mural dan juga grafiti semakin memperkental aura seni di taman budaya ini. Banyak nilai-nilai yang ingin disampaikan pada coretan-coretan tersebut, seperti indahnya kebersamaan didalam kedamaian sampai pesan-pesan supaya masyarakat mau mencintai dan juga melestarikan keberagaman Semarang.

Di seberangnya ada gedung kesenian Ki Narto Sabdo, gedung yang mempunyai ornamen khas Semarang ini adalah tempat yang biasanya dipakai sebagai tempat pementasan. Di depan pintu masuk gedung pertunjukkan tersebut ada patung Ki Narto Sabdo, yaitu seorang maestro wayang Jawa Tengah, di bawah patung tersebut ada prasasti bertuliskan lewat tembang hidupku untukmu negeriku.

Menurut petugas tiket, pementasan di gedung ini biasa akan digelar setiap malam Minggu. Pementasan tersebut seperti pembacaan puisi, wayang orang, atau pementasan seni teater yang biasa dibawakan oleh Teater Lingkar.

Pada sebelah gedung Ki Narto Sabdo berderet gallery seni yang menjual berbagai macam pernak-pernik hasil kesenian seniman Kabupaten Semarang. Berbagai lukisan juga dipajang serta dijual di gallery tersebut, lengkap dengan pelayanan jasa lukis ditempat.

Dibagian lain terdapat dua buah puri yang biasa digunakan untuk berlatih teater dan menari. Di seberangnya kokoh berdiri gedung pengelola Taman Budaya Raden Saleh.





Patut Kamu Baca:

Post a Comment