Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Kerak Telor, Makanan Khas Betawi


Cintaindonesia.web.id - Sebagai sebuah negara, Indonesia mempunyai banyak sekali tempat-tempat wisata yang menarik di berbagai daerah. Selain tempat wisata, di setiap daerah juga mempunyai makanan yang yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Salah satu adalah kerak telor yang begitu identik dengan kota Jakarta.

Makanan yang mempunyai rasa gurih dan legit saat anda makan ini memang sejak lama menjadi kebanggaan warga Kota Jakarta. kuliner yang terkenal lezat ini bahkan dimasa kolonial Belanda sempat menjadi primadona di kota yang dahulunya bernama Batavia ini.

Kerak telor dapat dikatakan sebagai fast food-nya warga Jakarta. Tak perlu memakan waktu lama untuk menyajikannya, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit maka Anda sudah dapat menyantap kerak telor hangat yang nikmat.

Kerak Telor

Kuliner yang sering dijajakan ketika adanya Pekan Raya Jakarta ini terbuat dari bahan-bahan seperti, telur ayam atau bebek, beras ketan putih, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah dengan bawang goreng, kemudian diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, kencur, jahe, merica butiran, cabe merah, garam dan gula pasir.

Ada yang unik dari cara memasak kerak telor ini. Telor dimasukkan kedalam wajan tanpa memakai minyak, saat telor setengah matang, maka wajan kemudian dibalik menghadap panas arang dari anglo dan dibiarkan sehingga menjadi kerak.

Setelah permukaan telor agak sedikit gosong, maka kerak telor diangkat dan diberikan bumbu lalu siap dihidangkan. Kerak telor ini sama sekali tidak memakai kompor, melainkan anglo dan arang. Cara memasak dengan memakai anglo ini digunakan untuk menjaga rasa khas dari kerak telor yang gurih dan juga legit.

Walaupun saat ini banyak fast food yang hadir di Kota Jakarta, kerak telor tetap mempunyai tempat di hati warga Jakarta. Hal tersebut dibuktikan setiap kali adanya acara-acara besar di Jakarta seperti Pekan Raya Jakarta, kerak telor ini selalu laris manis menjadi santapan yang diserbu oleh warga yang hadir disana.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment