Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Kipas Serumpun, Tarian Tradisional Dari Banyuasin Sumsel


Tari Kipas Serumpun, Tarian Tradisional Dari Banyuasin Sumatera Selatan

Cintaindonesia.web.id Tari Kipas Serumpun adalah tari kreasi yang berasal dari Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Tarian ini menceritakan tentang jalinan persahabatan diantara masyarakat. Banyuasin sendiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan yang dihuni banyak suku dan agama. Tari Kipas Serumpun inilah yang kemudian diciptakan dan digunakan untuk menyatukan mereka dalam kegembiraan.

Pertunjukan Tari Kipas Serumpun

Tari Kipas Serumpun ini biasanya ditarikan oleh 8 (delapan) orang penari yang semuanya seorang perempuan. Sebagai tari kreasi, jumlah para penari bukanlah patokan baku pada tarian ini, sehingga dapat ditambah atau dikurangi sesuaikan dengan besar kecil ukuran panggung.

Pertunjukan Tari Kipas Serumpun
Pertunjukan Tari Kipas Serumpun

Sesuai dengan nama dari tarian ini, kipas menjadi atribut utama dalam pementasan. Gerakan tari kreasi kipas serumpun ini lebih didominasi oleh gerakan tangan yang lincah. Gerak berpindah posisi untuk membuat formasi juga kerap terjadi dalam tarian, hal tersebut menggambarkan kegembiraan para perempuan Banyuasin pada suatu pesta rakyat.

Busana Tari Kipas Serumpun

Para penari kipas serumpun ini biasanya menggunakan baju kurung yang didominasi oleh warna keemasan sebagai ciri khas dari adat Sumatera Selatan. Ciri khas tersebut juga terlihat dari penggunaan siger yang digunakan sebagai penutup kepala dan biasa dikenakan oleh mempelai perempuan dalam acara pernikahan adat.

Pengiring Tari Kipas Serumpun

Dalam Pertunjukannya, Tari Kipas Serumpun ini biasanya diiringi oleh alat musik, seperti perkusi, kendang, dan akordion sebagai ciri khas dari musik melayu Sumatera. Penggunaan alat musik gitar dan bass elektronik menjadi pelengkap supaya menghasilkan musik pengiring yang ciamik.

Makna Tari Kipas Serumpun

Tari Kipas Serumpun ini mengandung makna tentang pentingnya sikap gotong-royong antara sesama manusia. Sikap gotong-royong ini menyatu dalam kegembiraan yang tergambar didalam sebuah pesta rakyat. Sikap gotong-royong kebersamaan ini menjadi penting bagi wilayah Banyuasin yang kian heterogen dan mempunyai banyak perbedaan didalam latar belakang kebudayaan melayu yang satu.


Patut Kamu Baca:

Post a Comment