Monday, 25 June 2018

5 Jenis Tari Topeng Cirebon Dan Penjelasannya

Inilah 5 Jenis Tari Topeng Cirebon Dan Penjelasannya

Cintaindonesia.web.id - Seperti halnya dibeberapa daerah di Indonesia, Cirebon juga mempunyai berbagai macam tarian tradisional yang bernama Tari Topeng. Berbicara mengenai Tari Topeng, Cirebon mempunyai berbagai macam jenis Tari Topeng dengan keunikan dan juga maknanya masing-masing. Nah berikut ini 5 jenis Tari Topeng Cirebon dan beberapa keunikannya.

1. Tari Topeng Panji

Tari Topeng Panji merupakan jenis tari topeng Cirebon yang melambangkan kesucian anak yang baru lahir di dunia. Motif topengnya pun mempunyai warna putih bersih, dimana hanya terdapat mata, mulut, hidung, dan tentunya belum mempunyai guratan lain. Gerakan pada jenis tari topeng ini masih sangat sederhana, hanya "adeg-adeg", memakai baju, serta atribut yang keseluruhannya serba putih.

2. Tari Topeng Samba

Tari Topeng Samba merupakan jenis tari topeng Cirebon yang melambangkan perkembangan balita atau kelincahan dari manusia dimasa anak-anak. Gerakannya pada jenis tarian ini adalah genit, lincah, dan juga lucu namun kurang luwes atau masih ragu-ragu. Untuk bentuk topengnya pun sudah mulai adanya sebuah goretan yang berwarnanya pink keputihan. Sedangkan kostumnya sendiri umumnya berwarna hijau daun.

3. Tari Topeng Rumyang

Tari Topeng Rumyang merupakan jenis tari topeng Cirebon yang mempunyai ukiran sederhana dan dengan warna dasar merah muda. Tarian ini mempunyai makna remaja yang telah mulai mencari jati dirinya. Hal tersebut terlihat dari gerakannya yang "labil" dan adanya pengulangan-pengulangan.

4. Tari Topeng Tumenggung

Tari Topeng Tumenggung merupakan jenis tari topeng Cirebon yang menggambarkan manusia yang telah menginjak dewasa dan sudah menemukan jati dirinya sendiri. Sikapnya yang tegas, bertanggung jawab, berkepribadian, dan mempunyai jiwa korsa yang paripurna. Untuk bentuk topengnya pun mempunyai berkumis dengan banyak guratan yang terlihat berwibawa. Sedangkan kostum para penari umumnya berwarna hitam dan bisa bijak dalam menyesuaikan dengan warna mana pun, seperti halnya makna sikapnya. Dalam struktur kerajaan, tumenggung adalah panglima perang (patih).

5. Tari Topeng Kelana

Tari Topeng Kelana merupakan jenis tari topeng Cirebon yang memiliki ukiran topeng paling rumit dan juga banyak ikatannya dibagian atas topeng. Untuk Topeng dan kostum para penari umumnya berwarna merah. Tariannya pun sangat agresif dan juga enerjik karena merupakan akumulasi dari gerakan semua tarian topeng tadi. Tarian ini melambangkan sifat angkara murka yang ada di dalam manusia.




Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait