Saturday, 23 June 2018

Properti Tari Merak Lengkap Gambar dan Penjelasannya

loading...

Cintaindonesia.web.id - Tari Merak merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Properti Tari Merak yang kerap dipakai yaitu Sesuping, Garuda Mungkur, dan Mahkota, tetapi selain ketiga properti tersebut ada juga beberapa properti lainnya yang dipakai, seperti halnya Apok, baju atasan, sayap, penutup dada, kilat bahu, rok, dan gelang.

Properti Tari Merak pada umumnya mengambil corak, motif, ataupun bentuk dari burung merak asli yang hidup di alam liar, hal tersebut dikarenakan para penari merak bergerak dan juga menari mengikuti gerakan si burung Merak saat berada di alam bebas. Nah berikut ini penjelasan beberapa properti yang kerap dipakai oleh para penari merak.



1. Siger

Siger
Siger

Mahkota atau yang lebih dikenal dengan nama "Siger" ini adalah properti yang diletakkan dibagian atas kepala para penari. Fungsi mahkota diatas kepala para penari merak tersebut yaitu sebagai simbol keanggunan dari sang penari.

2. Garuda Mungkur

Garuda Mungkur
Garuda Mungkur

Garuda Mungkur merupakan properti yang ada dibagian kepala dari para penari merak. Garuda Mungkur sendiri mempunyai bentuk hiasan seperti halnya bentuk burung merak. Bahan yang dipakai untuk membuat garuda mungkur terbuat dari bahan yang berkilauan sehingga bisa memantulkan cahaya ketika sedang terkena sorot lampu. Kilauan tersebut mewakili cara burung merak dalam menarik pasangannya di alam liar.

3. Sesuping

Sesuping
Sesuping

Sesuping yaitu properti tari merak yang diletakkan dibagian kuping para penarinya. Sesuping umumnya terbuat dari kertas hias berwarna keemasan. Kertas yang dipakai mempunyai tekstur kaku dan juga kuat. Sesuping dipakai sebagai hiasan supaya lebih tampak seperti burung merak.

4. Apok

Apok
Apok

Apok terbuat dari jenis kain, posisinya berada dibagian dada para penari. Apok merupakan properti hias yang berfungsi sebagai penutup bagian bawah leher sampai atas dada yang tidak tertutupi oleh atribut atau properti baju atas. Keberadaan Apok sendiri bagi para penari juga membuat si penari nampak eksotis dan juga enak dipandang mata.

5. Baju Atasan

Baju Atasan
Baju Atasan

Baju atasan yaitu busana yang dipakaikan oleh para penari merak guna menutupi bagian atas tubuhnya sampai ke bagian dada. Corak dan juga warna baju atasan umumnya akan menyesuaikan dengan pola dan juga warna kostum atau busana secara keseluruhan. Baju atasan mempunyai hiasan corak seperti halnya pola burung merak.

6. Sayap

Sayap
Sayap

Sayap yang dipakai oleh para penari merak umumnya sejenis selendang yang menempel dibagian belakang baju atasan, sehingga bisa dibentangkan dan akan tampak seperti sayap burung merak. Para penari juga harus mempunyai kelihaian di dalam memainkan sayap supaya benar-benar tampak seperti burung merak. Untuk warna sayapnya biasanya menyesuaikan dengan warna keseluruhan dari busana atau kostum yang dipakai.

7. Sabuk Hias

Sabuk Hias
Sabuk Hias

Sabuk hias, selain untuk hiasan tetapi sabuk juga mempunyai fungsi sebagai pengencang kostum atau busana yang dipakai oleh para penari. Sabuk hias ini bisa berbentuk bermacam-macam, mulai itu dari seledang yang diikat dibagian perut sampai ikat pinggang modern dengan penyesuaian bentuk dan juga warna.

8. Sampur

Sampur
Sampur

Sampur merupakan properti yang bentuknya mirip dengan bulu burung merak. Properti satu ini umumnya terbuat dari bahan tissue.

9. Kilat Bahu

Kilat Bahu
Kilat Bahu

Kilat bahu adalah aksesoris yang ada dibagian bahu para penari Merak. Hiasan satu ini umumnya dipasang dikedua bahu sebagai hiasan supaya mirip dengan burung Merak. Kilat bahu juga akan membuat para penarinya terlihat lebih anggun dan tentunya mempesona. Aksesoris ini umumnya berwarna emas dan memakai bahan berkilau yang bisa memantulkan cahaya lampu. Bentuk dasar Kilat bahu yaitu gelang yang telah dimodifikasi dengan sedemikian rupa sehingga bisa dipakai dibahu.

10. Gelang

Gelang
Gelang

Gelang yang dipakai para penari dalam tari Merak mempunyai bahan yang sama dengan bahan yang dipakai sebagai Kilat bahu, bila kilat bahu dipasang dibagian bahu, maka Gelang yang dipakai dibagian pergelangan tangan.

11. Rok

Rok
Rok

Rok merupakan properti yang dipakai para penari merak untuk penutup bagian bawah tubuh para penari. Corak yang ada dibagian rok mempunyai kemiripan dengan corak yang dipunyai oleh burung merak.

12. Hiasan Telinga

Hiasan Telinga
Hiasan Telinga

Hiasan telinga yang menempel ditelinga para penari Merak mempunyai kesamaan bentuk dengan hiasan yang ada di dalam tokoh pewayangan. Hiasan telinga ini mempunyai keterkaitan dengan hiasan dibagian atas kepala para penari Merak.

13. Hiasan Sanggul

Hiasan Sanggul
Hiasan Sanggul

Hiasan sanggul yaitu properti yang ada dikepala para penari tari merak. Hiasan ini justru akan menambah keindahan dan juga keelokan para penari burung merak ketika naik keatas pentas dan menggerakkan tubuhnya.

14. Penutup Dada

Penutup Dada
Penutup Dada

Penutup dada pada penari merak umunya terbuat dari kain panjang bercorak batik serta dipakai seperti halnya kemben. Penutup Dada ini juga diberi beberapa ornamen atau aksesoris supaya mirip dengan si burung merak. Penutup dada memang sengaja dipakai untuk membuat nyaman para penari, kenyamanan para penari di atas panggung tentunya ikut turut mendukung kesempurnaan koreagrafi diatas panggung.

15. Busana Bawah

Busana Bawah
Busana Bawah

Busana bawah merupakan busana yang dipakai untuk menutupi bagian bawah para penari, biasanya dipakai sebelum memakai rok, busana bawah ini mempunyai bentuk seperti celana panjang yang longgar, bercorak, dan pola yang ada di celana ini juga menyesuaikan dengan warna serta pola dari keseluruhan kostum.



Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait